KPK Maklumi Hakim Itong Interupsi Jumpa Pers: Beban Moril Jadi Tersangka

Isal Mawardi - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 06:15 WIB
Hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Jawa Timur (Jatim) Itong Isnaeni Hidayat membantah omongan pimpinan KPK saat menggelar konferensi pers di Gedung Merah Putih, Jakarta, Kamis (20/1/2022) malam.
Hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya Itong Isnaeni Hidayat (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya Itong Isnaeni Hidayat menginterupsi jumpa pers KPK saat dihadirkan sebagai tersangka. KPK memaklumi apa yang dilakukan oleh Itong.

"Mengenai peristiwa tersebut, KPK memakluminya," ujar Plt Jubir KPK Ali Fikri kepada detikcom, Jumat (21/1/2022).

Menurutnya, para tersangka, termasuk Itong, memiliki tekanan yang sangat berat ketika ditangkap dalam operasi tangkap tangan dan berstatus tersangka suap.

"Tentu bagi seseorang yang ditetapkan sebagai tersangka menjadi sebuah tekanan dan beban moril yang sangat berat," jelas Ali Fikri.

"Tidak hanya pribadi, namun juga pasti bagi keluarga, kerabat, dan lingkungan karibnya," imbuhnya.

Ia meminta masyarakat merenungi peristiwa ini. "Kita hindari beban moral tersebut dengan tidak melakukan korupsi," lanjutnya.

Interupsi Itong

Diberitakan sebelumnya, Itong Isnaeni Hidayat tak terima ditetapkan sebagai tersangka setelah terjaring operasi tangkap tangan terkait suap perkara oleh KPK. Itong melakukan interupsi hingga menyebut pernyataan KPK omong kosong.

Pernyataan itu disampaikan Itong saat tengah dihadirkan sebagai tersangka saat konferensi pers, di Gedung Merah Putih KPK, Kamis (20/1/2022). Ketika itu, Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango tengah mengungkap keprihatinan terhadap korupsi yang terjadi di lembaga peradilan.

"KPK sangat prihatin dengan masih terjadinya tindak pidana korupsi terlebih melibatkan seorang hakim," kata Nawawi saat konferensi pers.

Tak terima dengan pernyataan KPK selama konferensi pers, Itong yang awalnya membelakangi wartawan, tiba-tiba berbalik badan. Dia lantas menginterupsi Nawawi yang saat itu tengah berbicara.

"Maaf ini tidak benar, saya tidak (tak terdengar), saya tidak pernah menjanjikan apapun," ucap Itong menyela konferensi pers KPK.

Tak hanya itu, dia bahkan menyebut apa yang disampaikan Nawawi dalam konferensi pers itu omong kosong. "Ini omong kosong gitu ya, ndak benar semua," ujarnya.

Lihat Video: Momen Hakim Itong Bantah Wakil Ketua KPK Saat Konferensi Pers

[Gambas:Video 20detik]



(isa/knv)