ADVERTISEMENT

Tanggal 6 Februari 2022 Hari Apa? Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini!

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 03 Feb 2022 18:03 WIB
Tanggal 6 Februari 2022 hari apa? Pertanyaan ini muncul karena adanya peringatan internasional yang digaungkan PBB.
Tanggal 6 Februari 2022 Hari Apa? Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini! (Foto: Getty Images/iStockphoto/Alena Butor)
Jakarta -

Tanggal 6 Februari 2022 hari apa? Pertanyaan ini muncul karena adanya peringatan internasional yang digaungkan PBB. Pada Februari tahun ini, ada banyak peristiwa internasional yang kerap diperingati.

Jika dilihat dari laman United Nations, tanggal 6 Februari 2022 hari apa merupakan hari tanpa toleransi bagi mutilasi alat kelamin wanita internasional (International Day Zero of Tolerance for Female Genital Mutilation). Di Indonesia, istilah mutilasi alat kelamin perempuan dikenal dengan sebutan 'sunat perempuan'.

Seperti apa awal mula terbentuknya hari anti sunat perempuan internasional? Simak serba-serbi tanggal 6 Februari 2022 hari apa berikut ini.

Tanggal 6 Februari 2022 Hari Apa: Simak Latar Belakangnya

Penjelasan tanggal 6 Februari 2022 hari apa adalah hari anti sunat perempuan internasional. Melansir situs United Nations, mutilasi alat kelamin perempuan merupakan prosedur yang mengubah atau melukai alat kelamin.

Mutilasi alat kelamin perempuan diyakini sebagai tindakan non medis, sehingga dunia mengakuinya sebagai pelanggaran hak asasi anak perempuan dan perempuan di seluruh dunia. Tindakan ini juga melanggar hak perempuan dalam aspek kesehatan, keamanan dan integritas fisik.

Masih melansir laman United Nations, anak perempuan yang menjalani praktik mutilasi alat kelamin kerap menghadapi komplikasi jangka pendek. Misalnya seperti sakit parah, syok, pendarahan berlebih, infeksi hingga kesulitan membuang air kecil.

Adapun konsekuensi jangka panjang, praktik mutilasi alat kelamin wanita berpotensi merusak kesehatan seksual, reproduksi juga kesehatan mental anak. Atas dasar inilah, tanggal 6 Februari 2022 hari apa masih diperingati sebagai hari anti mutilasi alat kelamin perempuan. Adapun tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia.

Sementara itu, mengacu data yang dihimpun WHO, diperkirakan ada 200 juta anak perempuan dan perempuan yang mengalami mutilasi kelamin. Hak perempuan untuk bebas dari penyiksaan dan perlakuan kejam, tidak manusiawi atau merendahkan martabat kian terancam. Tak heran, mutilasi alat kelamin wanita mengakibatkan kematian.

Melihat hal ini, tahun 2012 Majelis Umum PBB menetapkan tanggal 6 Februari menetapkan sebagai Hari Internasional Tanpa Toleransi untuk Mutilasi Alat Kelamin Wanita. Tujuannya untuk memperkuat dan menghapus praktik sunat di kalangan perempuan.
Mutilasi kelamin atau sunat perempuan mencerminkan ketidaksetaraan yang mengakar antara jenis kelamin dan merupakan bentuk ekstrim dari diskriminasi terhadap perempuan. Karena latar belakang inilah, tanggal 6 Februari 2022 hari apa keberadaannya hingga kini masih terus diperingati sebagai hari anti toleransi mutilasi alat kelamin wanita.

Tanggal 6 Februari 2022 Hari Apa: 30 Negara Melakukan Praktik Sunat Perempuan

Tanggal 6 Februari 2022 hari apa sudah diketahui, yakni sebagai hari anti toleransi mutilasi alat kelamin perempuan. Meski setiap tahunnya peringatan ini masih diselenggarakan, namun masih ada 30 negara di Afrika dan Timur Tengah yang melakukan mutilasi alat kelamin perempuan.

Bahkan, beberapa negara di Asia dan Amerika Latin pun masih melakukan praktik tersebut. Saat ini, mutilasi alat kelamin perempuan terus berlangsung di antara populasi imigran yang tinggal di Eropa Barat, Amerika Utara, Australia dan Selandia Baru.

Kendati tanggal 6 Februari 2022 hari apa masih diperingati sebagai hari anti mutilasi alat kelamin perempuan, namun United Nations Population Fund (UNFPA) memprediksi, pada 2030 mendatang lebih dari 2 juta anak perempuan beresiko mengalami mutilasi alat kelamin.

Menanggapi hal ini, PBB melalui program bersama UNFPA-UNICEF, sudah mengadaptasi intervensi yang memastikan integrasi mutilasi alat kelamin dan pasca krisis. Untuk menghapus gerakan ini, diperlukan upaya yang terkoordinasi dan sistematis.

Seluruh aspek masyarakat pun harus fokus pada hak asasi manusia, kesetaraan gender, pendidikan seksual dan perhatian pada kebutuhan perempuan.

Tanggal 6 Februari 2022 hari apa diperingati sebagai hari anti toleransi mutilasi alat kelamin perempuan. Simak halaman berikutnya untuk mengetahui tema tahun ini.

Tanggal 6 Februari 2022 Hari Apa: Berikut Tema yang Diusung Tahun Ini

Tanggal 6 Februari 2022 hari apa sudah diketahui, yakni sebagai hari anti toleransi mutilasi alat kelamin perempuan. Untuk menyemarakkan peristiwa ini, tahun ini PBB mengusung tema "Mempercepat Investasi Untuk Mengakhiri Mutilasi Alat Kelamin Wanita'.

PBB menggandeng UNFPA-UNICEF agar seluruh masyarakat dunia dapat berpartisipasi. Hal ini dikarenakan sampai saat ini PBB melihat masih banyak negara yang mengalami krisis, sehingga PBB mengajak komunitas global untuk membayangkan dunia lebih berwarna dengan adanya hak perempuan dalam memilih suara, pilihan dan kendali terhadap kehidupan mereka.

Pada tahun 2012, Majelis Umum PBB menetapkan tanggal 6 Februari sebagai Hari Internasional Tanpa Toleransi untuk Mutilasi Alat Kelamin Wanita, dengan tujuan untuk memperkuat dan mengarahkan upaya penghapusan praktik ini.

Untuk memeriahkan tanggal 6 Februari 2022 hari apa, PBB-UNICEF mengajak masyarakat berpartisipasi dengan menggunakan hastag #InvestDontRest!. Tagar ini dapat digunakan di sosial media untuk saling memberi dukungan kepada sesama wanita.

(azl/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT