ADVERTISEMENT

Valentine Day Tanggal Berapa? Ini Alasan Kenapa Diperingati 14 Februari

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Rabu, 02 Feb 2022 19:01 WIB
Happy Valentines Day Celebration Text Over Red Roses Border with Rustic Whitewashed Wood Background
Valentine Day Tanggal Berapa? Ini Alasan Kenapa Diperingati Pada 14 Februari - ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/IrisImages)
Jakarta -

Valentine Day tanggal berapa? Kebanyakan mungkin sudah mengetahui kapan peringatan tersebut dirayakan. Valentine menjadi perayaan yang sudah umum di sejumlah negara di dunia, termasuk Indonesia.

Valentine Day juga disebut sebagai hari kasih sayang. Di hari Valentine, orang-orang akan mencoba mengungkapkan perasaan cintanya dan menghabiskan waktu bersama dengan orang yang mereka sayangi. Ada pula tradisi pemberian coklat hingga bunga untuk orang terkasih.

Lalu kapan Valentine Day diperingati? Bagaimana awal mula sejarahnya? Berikut rangkuman informasinya.

Valentine Day Tanggal Berapa? Ini Jawabannya

Valentine Day diperingati pada tanggal 14 Februari setiap tahunnya. Pada tanggal 14 Februari ini, sejumlah orang dari berbagai belahan dunia memperingati hari Valentine dengan memberikan cokelat, permen, bunga dan surat untuk orang terkasih.

Diperingatinya Valentine Day pada 14 Februari berlatarbelakang sejarah dengan versi berbeda. Salah satu yang mungkin tak asing adalah terkait sosok pendeta bernama Valentine.

Valentine Day Tanggal Berapa? Penetapan 14 Februari Versi St.Valentine

Ada beragam versi sejarah Valentine Day yang tersebar di seluruh dunia. Melansir dari situs History.com, salah satu sejarah mengungkapkan bahwa Valentine Day berawal dari seorang pendeta Roma bernama Valentine.

Legenda menceritakan bahwa hidup Valentine berakhir dengan dihukum mati pada tanggal 14 Februari 278 Masehi. Ia dihukum karena dianggap menentang kebijakan seorang Kaisar bernama Claudius II.

Pada masa itu, Kaisar Claudius II memutuskan untuk melarang pernikahan untuk pria muda. Ia menganggap prajurit dari kalangan pria lajang lebih baik daripada pria yang memiliki istri dan keluarga yang harus ditinggalkan saat perang.

Valentine menganggap keputusan Kaisar Claudius II itu tidak adil. Ia menentang aturan tersebut dan terus membantu pernikahan untuk kekasih muda secara rahasia.

Seiring berjalannya waktu, Kaisar Claudius mengetahui apa yang selama ini dilakukan Valentine. Dia memerintahkan agar Valentine dihukum mati pada tanggal 14 Februari. Maka dari itu, Valentine Day diperingati pada tanggal 14 Februari setiap tahunnya.

Valentine Day tanggal berapa saat ini sudah diketahui. Berikut adalah informasi mengenai tradisi perayaan Valentine Day di sejumlah negara di dunia.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT