3 Sindiran PDIP ke Anies dalam Sepekan: 'Firaun'-Pemimpin Santai

Haris Fadhil - detikNews
Sabtu, 29 Jan 2022 16:37 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui massa buruh di depan gedung Balai Kota DKI Jakarta. Anies menyampaikan keberatan atas UMP yang diterapkan Kemenaker.
Anies Baswedan (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

PDIP kembali menyindir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Setidaknya ada tiga kali PDIP menyindir Anies dalam sepekan terakhir.

Sindiran itu disampaikan PDIP terkait kinerja Anies. Berikut tiga sindiran PDIP terhadap Anies Baswedan dalam sepekan:

1. Sindir soal 'Firaun' Usai Anies Pamer JIS

Anies Baswedan memamerkan proyek Jakarta International Stadium (JIS) saat berkunjung ke Sulawesi Selatan (Sulsel). Anies menjelaskan alasan JIS dibangun di Jakarta Utara

"Kenapa (JIS) dibangun di Jakarta Utara, mau ngirim pesan Jakarta itu mulainya di utara, namanya di Sunda Kelapa," katanya.

Anies mengatakan perkembangan zaman membuat pembangunan Jakarta mengarah ke pusat hingga selatan dan membuat makin banyak masalah sosial di Jakarta. Anies menilai pemindahan ibu kota negara terjadi karena banyaknya masalah yang harus diemban Jakarta. Padahal, bagi Anies, masalah itu seharusnya diselesaikan, bukan malah ditinggalkan dengan memindahkan ibu kota negara.

"Kita ini kalau ada masalah, bukannya diselesaikan, (tapi) ditinggalkan. Jakarta Utara ditinggalkan ke selatan, Jakarta Selatan sudah mulai padat, sudah mulai penuh pindahnya ke luar Jakarta," ujar Anies.

"Karena itu, kita bangun stadion di Jakarta Utara ingin kirim pesan kepada semua, mari kita kembalikan wilayah utara sebagai salah satu pusat perekonomian di Jakarta," sambungnya.

PDIP kemudian menyindir Anies yang pamer soal JIS di Sulsel. PDIP menilai tidak ada yang bisa dibanggakan lagi oleh Anies selain JIS.

"Karena kalau membanggakan yang lain soal pengentasan, kemacetan, kan nggak juga, pengentasan soal persoalan yang mendasar bagi warga Ibu Kota nggak. Terutama pengentasan banjir nggak. Pengentasan tentang penyediaan rumah juga nggak kan gitu. Pengentasan kebutuhan dasar tentang air bersih nggak," kata Sekretaris DPP PDIP DKI Jakarta Gembong Warsono kepada wartawan, Sabtu (22/1).

Dia mengatakan masih banyak yang kesusahan air bersih di Jakarta. Gembong kemudian menyinggung pernyataan Anies soal 'Firaun' yang pernah dilontarkan saat menjadi calon Gubernur DKI. Menurutnya, Anies telah termakan oleh omongannya sendiri

"Jadi apa lagi yang mau dibanggakan, yang dibanggakan yang sudah terbangun yang sejak awal beliau katakan Firaun juga bisa, kan gitu loh. Jadi kemakan omongan sendiri," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Lihat juga Video: Ibu Kota Pindah, Anies: Tak Ada Efeknya pada Kemacetan Jakarta

[Gambas:Video 20detik]