Pameran Peninggalan Nabi Muhammad Digelar di Sumut, Ini Tempat dan Jadwalnya

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 17:19 WIB
Wagub Sumut saat membuka pameran peninggalan Nabi Muhammad (dok. Diskominfo Sumut)
Wagub Sumut saat membuka pameran peninggalan Nabi Muhammad. (Foto: dok. Diskominfo Sumut)
Deli Serdang -

Road show artefak Nabi Muhammad SAW digelar di Sumatera Utara (Sumut). Ada serban hingga rambut Nabi Muhammad SAW yang dipamerkan dalam acara itu.

Pameran digelar di Masjid Al-Musannif, Cemara, Deli Serdang. Pameran dibuka oleh Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah (Ijeck).

"Secara resmi pameran ini saya buka. Saya harap semua yang datang bisa tertib, tidak perlu berebut, karena panitia akan mengatur semua bisa melihat," kata Ijeck saat membuka pameran, Jumat (28/1/2022).

Ijeck mengatakan pameran ini sebagai bentuk kecintaan kepada Rasulullah. Dia berharap pameran ini menambah semangat umat Islam.

"Insyaallah mendorong kita juga untuk melaksanakan semua sunah Nabi Muhammad SAW yang mendatangkan banyak berkah bagi kehidupan," ujarnya.

Panitia Pameran Artefak Rasulullah SAW, Hasri Harahap, mengatakan peninggalan Nabi Muhammad yang dipamerkan antara lain serban, tongkat, darah bekam, jenggot, rambut, tanah makam, kiswah Ka'bah, kiswah penutup makam, dan pedang.

"Nabi Muhammad tengah berkunjung kepada kita. Kenapa saya bilang begitu? Sebab, yang hadir di sini adalah di antaranya bagian bagian jasad dari Nabi Muhammad SAW. Ada rambutnya, ekstrak keringat, darah bekam, jenggot, hingga barang-barang yang pernah dikenakan Sang Nabi Besar, seperti serban, tongkat, dan lainnya," ucap Hasri.

Hasri menyebut pameran ini akan berlangsung sampai Sabtu (29/1). Dia berharap pameran ini menjadi pelepas rindu umat Islam kepada Rasulullah.

"Pameran ini diharapkan mampu melepas kerinduan umat Islam terhadap Baginda Rasulullah SAW. Insyaallah pameran ini terlaksana sampai besok, siap untuk iktikaf di sini? Ambil kesempatan ini, karena momen ini tidak setiap hari ada," jelasnya.

(afb/haf)