Dilimpahkan ke Jaksa, Eks Kader Satgas PDIP Pukul Remaja Segera Disidang

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 21:37 WIB
Polisi menampilkan pria berinisial HSM yang viral memukul ABG di Medan, Sumut. (Datuk Haris/detikcom)
Halpian Sembiring Meliala (tengah) (Datuk Haris/detikcom)
Medan -

Ditreskrimum Polda Sumut melimpahkan perkara dugaan penganiayaan terhadap anak di bawah umur yang menjerat eks Kader Satgas Cakra Buana PDIP Halpian Sembiring Meliala ke jaksa. Halpian pun segera disidang.

"Tersangka HS telah diserahkan ke Kejaksaan Tinggi Sumut," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi kepada wartawan, Kamis (27/1/2022).

Hadi mengatakan tersangka HS dilimpahkan ke jaksa sesuai prosedur tahap II terkait kasus penganiayaan yang dilakukannya terhadap anak berusia 17 tahun di depan salah satu mini market di Kecamatan Medan Johor. Selain tersangka, petugas menyerahkan barang bukti.

"Kita juga menyerahkan barang bukti flashdisk yang berisi rekaman CCTV di depan minimarket," sebut Hadi.

"Penyerahan tersangka dan barang bukti telah diterima dengan baik serta dilakukan penandatanganan serah-terima," tambah Hadi.

Sebelumnya diberitakan, polisi menangkap Halpian Sembiring Meliala dalam kasus pemukulan kepada seorang remaja di Medan. Halpian juga sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Polisi menjelaskan motif Halpian melakukan pemukulan. Dari keterangan awal, kata Polisi, Halpian memukul karena sakit hati.

"Keterangan awal tersangka bahwa yang bersangkutan motifnya sakit hati karena merasa anak korban ini tidak sopan sama dia kata-katanya," kata Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko dalam konferensi pers di medan, Sabtu (25/12/2021).

Dalam kasus ini, tersangka dijerat dengan Pasal 80 ayat 1 juncto 76 c UU RI No 35 Tahun 2014 dengan ancaman hukuman paling singkat 3 tahun 6 bulan dan denda paling banyak Rp 72 juta. Halpian tidak ditahan meski sudah ditetapkan sebagai tersangka dengan alasan ancaman hukuman di bawah 5 tahun penjara.

(dhm/lir)