detikcom Do Your Magic

Bina Marga Bakal Perbaiki Jl DI Panjaitan Tempat 'Genangan Aneh' Malam Ini

Rifqi Mahdi Rizqullah - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 17:49 WIB
Jl DI Panjaitan, Cipinang Besar Selatan, Jaktim, tempat genangan aneh, 26 Januari 2022. (Rifqi Mahdi Rizqullah/detikcom)
Jl DI Panjaitan, Cipinang Besar Selatan, Jaktim, tempat 'genangan aneh', 26 Januari 2022. (Rifqi Mahdi Rizqullah/detikcom)
Jakarta -

Genangan kerap muncul mengganggu ruas Jl DI Panjaitan, Jakarta Timur. Genangan cukup aneh karena bisa muncul tanpa hujan deras, apalagi usai hujan deras. Dinas Bina Marga DKI Jakarta bakal membereskan masalah ini lewat perbaikan permukaan jalan.

Lokasi 'genangan aneh' ini tak jauh dari kantor Samsat Jakarta Timur, Jl DI Panjaitan, Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur. Genangan ini bisa ada lantaran permukaan jalan yang tak rata.

"Rencana nanti malam mau dikerjakan (perbaikan jalan)," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho, kepada detikcom, Rabu (26/1/2022) sore.

Akibat banyaknya genangan dan jalan berlubang, warga mengeluhkan keberadaan lubang-lubang di salah satu jalan strategis di kawasan Jakarta Timur tersebut.

"Sangat terganggu ya dengan adanya lubang ini karena membahayakan pengguna jalan yang lain," kata Ardi selaku pengguna jalan yang sering melintasi jalan ini.

Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan Cipinang Besar Selatan Harjianto mengatakan perlu dilakukan perbaikan jalan yang bergelombang tersebut. Bila jalan diaspal, permukaan tidak lagi menahan air karena cekungan bakal tertutup lapisan yang lebih rata.

"Memang jalanan di Jl DI Panjaitan itu nggak rata. Boleh kita rasakan kalau lihat itu pasti dari tekstur jalannya bergelombang dan rendah ke bawah. Jadi air itu nggak bisa masuk ke dalam," tutur Harjianto.

Jl DI Panjaitan, Cipinang Besar Selatan, Jaktim, tempat 'genangan aneh', 26 Januari 2022. (Rifqi Mahdi Rizqullah/detikcom)Jl DI Panjaitan, Cipinang Besar Selatan, Jaktim, tempat 'genangan aneh', 26 Januari 2022. (Rifqi Mahdi Rizqullah/detikcom)

Salah satu warga Cipinang Besar Selatan juga menyarankan hal yang sama terkait genangan yang muncul di ruas Jl DI Panjaitan.

"Mesti ditinggikan (permukaannya), karena ini nggak rata. Kalo ditinggiin pasti ngalir. Besar kemungkinan pasti mampet itu di salah satu saluran airnya," ujar Bombom (39) kepada detikcom.

Namun perbaikan serupa pernah diterapkan di Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, yang sempat rusak akibat adanya proyek LRT dan faktor cuaca. Jalan yang rusak sempat ditambal walaupun tidak lama kemudian rusak kembali. Kadis Bina Marga Hari Nugroho meyakinkan jalanan tersebut bisa diperbaiki jika cuacanya bagus, termasuk di Jl DI Panjaitan, Jakarta Timur.

"Kalau cuaca bagus, tentu bisa," ujar Hari.

Simak juga 'Jangan Asal Terobos Banjir! Resiko Ini Fatal untuk Mesin Mobil':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)