detikcom Do Your Magic

Bina Marga DKI Akan Perbaiki Jl DI Panjaitan agar Bebas Genangan

Marteen Ronaldo Pakpahan - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 18:01 WIB
Kepala Dinas Bina Marga DKI Hari Nugroho.
Kepala Dinas Bina Marga DKI Heru Nugroho. Foto diambil sebelum pandemi COVID-19. (Eva/detikcom)
Jakarta -

Dinas Bina Marga DKI Jakarta akan segera memperbaiki permukaan Jl DI Panjaitan, Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur. Permukaan di sini tidak rata dan berakibat timbulnya 'genangan aneh', genangan yang dapat muncul meski tidak ada hujan deras.

"Iya, segera akan dicek dan ditindaklanjuti (perbaikan)," kata Hari Nugroho, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, saat dihubungi oleh detikcom, Selasa (18/1/2022).

Pihaknya menerangkan jalan rusak dan bergelombang disebabkan oleh proyek pengerjaan Tol Becakayu, yang saat ini masih terus dilakukan. Perbaikan yang bersifat sementara dapat segera dilakukan, namun perbaikan permanen perlu menunggu rampungnya Tol Becakayu itu.

"Karena memang lagi ada proyek itu (Tol Becakayu). Tapi nanti setelah selesai pengerjaan itu, akan kita perbaiki secara permanen," terangnya.

Genangan di Jl DI Panjaitan, Jakarta Timur, 18 Januari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)Genangan di Jl DI Panjaitan, Jakarta Timur, 18 Januari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)

Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan perbaikan sementara jalan yang rusak tersebut. "Tapi tetap akan kita cek dan perbaiki sementara supaya rata dulu," jelasnya.

Permukaan jalan di sini tidak rata sehingga membuat air terjebak. Permukaan yang bergelombang menghambat air untuk langsung masuk ke mulur air yang terhubung dengan drainase.

Sebelumnya, Kelurahan Cipinang Besar Selatan berharap Dinas Bina Marga DKI Jakarta segera memperbaiki permukaan Jl DI Panjaitan. Soalnya, permukaan yang tak rata menjadi penyebab 'genangan aneh' yang bisa muncul bahkan tanpa didahului hujan deras.

"Harapannya, semoga bisa diaspal itu jalanannya. Dalam hal ini kami meminta kepada Bina Marga untuk bisa melakukan perbaikan jalan yang memang sudah lama sekali tidak diperbaiki," kata Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan Cipinang Besar Selatan Harjianto saat ditemui detikcom.

(dnu/dnu)