PDIP Sindir 'Firaun' saat Anies Pamer JIS di Sulsel: Kemakan Omongan

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Minggu, 23 Jan 2022 05:33 WIB
Anies Baswedan di Acara Masyarakat Sulsel Menyambut Anies Baswedan di Makassar. (Hermawan/detikcom)
Foto: Anies Baswedan di Acara Masyarakat Sulsel Menyambut Anies Baswedan di Makassar. (Hermawan/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memamerkan proyek Jakarta Internasional Stadium (JIS) saat berkunjung ke Sulawesi Selatan (Sulsel). PDIP menilai tidak ada yang bisa dibanggakan lagi oleh Anies selain JIS.

"Karena kalau membanggakan yang lain soal pengentasan, kemacetan, kan nggak juga, pengentasan soal persoalan yang mendasar bagi warga ibu kota nggak. Terutama pengetasan banjir nggak. Pengetasan tentang penyediaan rumah juga nggak kan gitu. Pengetasan kebutuhan dasar tentang air bersih nggak," kata Sekretaris DPP PDIP DKI Jakarta, Gembong Warsono kepada wartawan, Sabtu (22/1/2022).

Dia mengatakan masih banyak yang kesusahan air bersih di Jakarta. Gembong kemudian menyinggung pernyataan Anies soal 'Firaun' yang pernah dilontarkan saat menjadi calon gubernur DKI. Menurutnya Anies telah termakan oleh omongannya sendiri.

"Jadi apalagi yang mau dibanggakan, yang dibanggakan yang sudah terbangun yang sejak awal beliau katakan Firaun juga bisa, kan gitu loh. Jadi kemakan omongan sendiri," ujarnya.

Gembong menyampaikan apa yang dilakukan Anies di Sulsel sebagai upaya mengemas citra diri. Namun apa yang dikatakan Anies ke publik selama ini, kata Gembong, tidak pernah sesuai dengan fakta di lapangan.

"Saya pikir memamerkan keberhasilan di luar dalam rangka untuk mem-branding dirinya, sementara kondisi rakyat Jakarta yang saat ini dikatakan banjir cepat surut tetapi faktanya kan masih berhari-hari mereka terendam banjir," tururnya.

Lebih lanjut Gembong mengatakan proyek JIS bukan murni hasil buah pikiran Anies. Menurutnya, pembangunan JIS merupakan program yang telah dirancang gubernur sebelumnya.

Dia mengatakan Anies hanya melanjutkan proyek pembangunan JIS. Sebab peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek JIS dilakukan Djarot Saiful Hidayat, gubernur sebelum Anies.

"Stadion yang spektakuler itu (JIS) kan dirancang bukan buah pikir murni dari Pak Anies gitu loh. Karena ini program dari gubernur ke gubernur. Jadi sistem pemerintahan berkesinambungan ya ini hasilnya sekarang," ucapnya.

"Yang melakukan ground breaking JIS itu kan Pak Djarot kemudian dilanjutkan pembangunan oleh Pak Anies sampai rencana peresmian," imbuhnya.

Baca Anies pamer pembangunan JIS di Sumsel di halaman selanjutnya

Saksikan juga: Dedikasi Guru Tunarungu, Mengajar 'Sunyi' Selama 15 Tahun

[Gambas:Video 20detik]