Warga Minta Pemerintah Cepat Perbaiki Tanggul Citarum: Harapannya Permanen

Rifqi Mahdi Rizqullah - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 20:42 WIB
Tiga rumah di Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi terkena longsor tanggul Citarum. Warga berharap mendapatkan ganti rugi dan tanggul diperbaiki. (Rifqi Mahdi Rizqullah/detikcom)
Tiga rumah di Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, terkena longsor tanggul Citarum. Warga berharap mendapatkan ganti rugi dan tanggul diperbaiki. (Rifqi Mahdi Rizqullah/detikcom)
Bekasi -

Perbaikan tanggul Citarum yang berada di Desa Lenggahjaya, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terus dilakukan hingga hari ini. Sejumlah warga berharap perbaikan tanggul dipercepat.

detikcom turun langsung ke lapangan untuk melihat bagaimana situasi terkini di tanggul Citarum pada Senin (24/1/2022). Terlihat sebagian bambu yang sudah terpasang dan sebagiannya berserakan. Terlihat pula ekskavator berada di pinggiran kali.

Sebelumnya tanggul ini sempat longsor pada awal 2022 dan membuat permukiman di samping Sungai Citarum ini terendam banjir. Naseh selaku warga setempat membenarkan peristiwa tersebut.

"Warga sini sangat cemas kalau tanggulnya longsor lalu banjir. Yang sangat disayangkan sih kalau sudah diperbaiki tanggulnya itu longsor lagi," kata Naseh (50) ketika ditemui detikcom.

Ia berharap kepada pemerintah, khususnya Pemkab Bekasi, memperbaiki tanggul ini agar tidak membuat warga cemas.

"Harapan saya buat pemda atau pusat agar segera diperbaiki tanggul ini, agar warga sini hidupnya nyamanlah dan nggak takut lagi. Karena Citarum ini kalau banjir warga sangat takut," tambah Naseh.

Senada dengan ucapan Naseh, Novi selaku warga sekitar juga berharap sama kepada pemerintah. "Harapan warga sini ya biar tanggulnya bagus dan permanen. Jadinya warga sini nggak khawatir gitu. Jangan dikit-dikit longsor lagi. Bikin warga sini takut dan ketar-ketir," tegas Novi (35).

Harapan lain juga disampaikan warga lainnya, Ramsah (45). Ia berharap pengerjaan perbaikan tanggul cepat selesai.

"Harapan saya agar cepat selesai perbaikan tanggul ini, bulan Februari udah tuntas semuanya," harap Ramsah (45).

(isa/isa)