Rumah Kena Longsor Tanggul Citarum, Warga Harap Pemerintah Ganti Rugi

Rifqi Mahdi Rizqullah - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 20:18 WIB
Tiga rumah di Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi terkena longsor tanggul Citarum. Warga berharap mendapatkan ganti rugi dan tanggul diperbaiki. (Rifqi Mahdi Rizqullah/detikcom)
Tiga rumah di Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, terkena longsor tanggul Citarum. Warga berharap mendapatkan ganti rugi dan tanggul diperbaiki. (Rifqi Mahdi Rizqullah/detikcom)
Bekasi -

Tiga rumah di Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, terkena longsor tanggul Citarum. Warga berharap mendapatkan bantuan.

"Saya harap tentunya ada bantuan ya, Informasinya sih ada, saya denger dari warga. Belum tahu direalisasiin atau nggaknya. Saya mah cuma ngarepin doang Pak buat diperbaiki," kata warga, Naseh, kepada wartawan, Senin (24/1/2022).

Naseh merupakan salah satu warga di Kampung Tapak Serang RT 005 RW 03 Desa Lenggahjaya, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi. Rumahnya jadi salah satu yang terdampak longsor.

Ia menceritakan bencana longsor ini sudah terjadi dari 4 tahun yang lalu. Namun baru kali ini warga terkena dampaknya.

"Hampir 4 tahun yang lalu. Kemarin (awal Januari) longsor terakhir. Udah 3 tahunan diperbaiki, setelah diperbaiki, baru setengah kerja, terus tiba-tiba longsor lagi. Yang terakhir kemarin itu longsor susulan, ini pertama kali dan cukup parah (longsornya)," kata Naseh.

Naseh mengatakan pemerintah berjanji akan membuat tanggul permanen. Namun pria yang tinggal sejak 1968 tersebut mengatakan belum ada kepastian.

"Kalau pemerintah cuma ngomong sama saya tanggul ini akan dipermanenkan. Tapi dia nggak ngasih kepastian," katanya.

Tiga rumah di Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi terkena longsor tanggul Citarum. Warga berharap mendapatkan ganti rugi dan tanggul diperbaiki. (Rifqi Mahdi Rizqullah/detikcom)Warga juga berharap tanggul diperbaiki. (Rifqi Mahdi Rizqullah/detikcom)

Tanggapan Pihak Kecamatan

Sementara itu, Andi (42) selaku Sekretaris Camat Cabangbungin menjelaskan bahwa pihaknya saat ini memang belum bisa membuat tanggul secara permanen karena faktor cuaca.

"Gini, jadi untuk saat ini ditanggulangi aja dulu. Karena jangan sampai terjadi yang lebih parah lagi. Kami belum bisa buat secara permanen karena faktor cuaca, sekarang kan musim penghujan," jelas Andi kepada wartawan.

Namun ia menjelaskan bahwa tanggul permanen tetap akan segera diperbaiki.

"Akan segera diperbaiki," ujarnya.

Tanggul Citarum Longsor, 3 Rumah Terdampak

Tiga rumah tertimpa longsor usai tanggul Sungai Citarum di Desa Lenggah Jaya, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, jebol akibat hujan deras. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa itu.

Peristiwa itu terjadi pada Selasa (11/1) malam. Ketiga rumah tersebut terletak persis di samping tanggul Sungai Citarum. Hujan deras mengguyur 3 hari berturut-turut hingga terjadi longsor.

(jbr/jbr)