Pemobil Lansia Tewas Dikeroyok Gegara Hasutan 'Pemotor Terserempet'

M Hanafi Aryan - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 17:17 WIB
Kasus prostitusi Cassandra Angelie oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan (Pool/Palevi S/detikFoto)
Jakarta -

Seorang pengemudi mobil Toyota Rush, Wiyanto Halim (89), tewas dikeroyok massa setelah diteriaki maling di Cakung, Jakarta Timur. Padahal Wiyanto bukan pencuri.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menjelaskan, pengeroyokan itu bermula ketika seorang pengendara motor terserempet oleh mobil yang dikendarai korban di kawasan industri Pulogadung, Cakung, Jakarta Timur, Minggu (23/1/2022) malam. Teriakan 'maling' pengendara motor ini memicu warga mengejar hingga mengeroyok korban.

"Ini diawali adanya serempetan dari salah satu motor, di antara 14 orang yang diperiksa, ada satu yang motornya diserempet dan kemudian dia melakukan provokasi dengan teriakan maling," jelas Zulpan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (24/1).

Zulpan mengatakan pemilik motor yang tersenggol oleh mobil korban ini kemudian meneriaki korban maling. Hal inilah yang kemudian membuat warga beramai-ramai mengejar korban.

"Pemilik motor yang senggol tersebut mengakui memprovokasi dengan teriakan maling sehingga mengakibatkan orang-orang di sekitar berempati dan mengejar secara beramai-ramai dengan menggunakan motor terhadap pengemudi Toyota Rush tersebut," tuturnya.

Pengeroyokan ini mengakibatkan korban tewas. Hasil penelusuran polisi, korban tidak melakukan pencurian sebagaimana dituduhkan oleh si pengendara motor tersebut.

"Bagaimana kita bisa tahu bahwa yang bersangkutan tidak melakukan pencurian kendaraan, karena kami cek identitas kendaraan itu atas nama yang bersangkutan juga," jelas Zulpan.

Polda Metro Jaya membentuk tim khusus untuk mendalami motif pengeroyokan yang mengakibatkan korban tewas ini.

"Dengan kasus itu tentunya Polda Metro Jaya dengan Polres Jaktim akan mengusut tuntas terkait dengan insiden ini. Kami akan membentuk tim khusus untuk mengetahui motif lebih dalam lagi terkait dengan insiden ini," jelasnya.

Simak video 'Heboh Lansia Ngebut Diteriaki Maling, Tewas Dikeroyok di Pulogadung':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.