Tak Ada Sangsi Pangkostrad Dijabat Mayjen Maruli

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 23 Jan 2022 07:35 WIB
Selasa, 30 November 2021. Pelantikan Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia Ketum Maruli Simanjuntak Masa Bakti 2021-2026 di Lembah Pinus ARRA, Ciloto - Jawa Barat
Maruli Simanjuntak (Naif Muhammad Al as / Persatuan /Naif Muhammad Al as)
Jakarta -

Mayjen TNI Maruli Simanjuntak kini ditunjuk untuk mengemban tugas baru menjadi Pangkostrad. Sejumlah legislator di Senayan meyakini jabatan strategis di TNI AD itu dapat diemban dengan baik oleh Mayjen Maruli.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menunjuk langsung Mayjen TNI Maruli Simanjuntak menjadi Pangkostrad. Penunjukan perwira tinggi yang juga menantu Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan itu berdasarkan surat keputusan yang ditandatangani Andika pada Jumat (21/1)

Keputusan itu tertuang dalam Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi TNI melalui Keputusan nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Surat ditandatangani oleh Jenderal Andika.

"Pangkostrad (dijabat oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak)," kata Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen TNI Prantara Santosa dalam keterangan yang diterima detikcom, Sabtu (22/1).

Mayjen TNI Prantara Santosa menjelaskan dari 328 perwira tinggi TNI yang mendapatkan jabatan baru tersebut, 28 di antaranya masuk ke dalam jabatan satuan-satuan baru TNI yang diamanatkan dalam Perpres Nomor 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI.

Penunjukkan Mayjen Maruli menjadi Pangkostrad berbarengan dengan keputusan jabatan satuan baru, seperti Komando Armada TNI AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI.

Mayjen Maruli Simanjuntak ditunjuk Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjadi Pangkostrad. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana. (dok FB Kodam IX/Udayana)Mayjen Maruli Simanjuntak ditunjuk Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjadi Pangkostrad. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana. (dok FB Kodam IX/Udayana)

10 jabatan perwira tinggi bintang 3 dalam keputusan Panglima TNI tersebut adalah:

1.Pangkogabwilhan 3 dijabat oleh Mayjen TNI Nyoman Cantiasa
2. Danjen Akademi TNI dijabat oleh Letjen TNI Bakti Agus Fajari
3. Wakasad dijabat oleh Mayjen TNI Agus Subiyanto
4. Pangkostrad dijabat oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak
5. Dankodiklatad dijabat oleh Mayjen TNI Ignatius Yogo
6. Pangkoarmada dijabat oleh Laksdya TNI Agung Prasetiawan
7. Dan Pushidrosal dijabat oleh Laksdya TNI Nurhidayat
8. Dan Kodiklatal dijabat oleh Mayjen TNI Mar Hartono
9. Pangkoopsudnas dijabat oleh Marsdya TNI Andyawan Martono
10. Kodiklatau dijabat oleh Marsda TNI Nanang Santoso

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan Video 'Profil Mayjen Maruli Simanjuntak, Menantu Luhut yang Ditunjuk Jadi Pangkostrad':

[Gambas:Video 20detik]