Mantu Luhut Mayjen Maruli Jadi Pangkostrad, PPP: Biasa Gaul dengan Jokowi

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 11:56 WIB
Anggota DPR dari Fraksi PDIP dan PPP menjadi pembicara dalam Diskusi Dialektika Demokrasi. Diskusi itu membahas perihal TKI yang dihukum mati tanpa notifikasi.
Syaifullah Tamliha (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menunjuk Mayjen TNI Maruli Simanjuntak menjadi Pangkostrad. Anggota Komisi I Fraksi PPP DPR RI, Syaifullah Tamliha, menilai diangkatnya Mayjen Maruli tak terlepas dari jabatan sebelumnya.

"Sebagaimana yang saya bilang, setelah Jenderal Dudung Abdurrahman menjadi KSAD, kursi Pangkostrad yang kosong akan diisi oleh salah satu pangdam di Indonesia dan jagoan adalah Pangdam Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, yang merupakan menantu Pak LBP (Luhut Binsar Pandjaitan)," kata Tamliha kepada kepada wartawan, Sabtu (22/1/2022).

Mayjen Maruli Simanjuntak merupakan menantu Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Tamliha menilai tak bisa menyalahkan jika ada anggapan bahwa jabatan perwira tinggi TNI cukup dominan pertimbangan politik.

"Tidak bisa menyalahkan jika publik kemudian berasumsi bahwa jabatan jenderal berbintang tiga dan empat pada lingkungan TNI adalah pertimbangan politik menjadi dominan," ujar Ketua DPP PPP itu.

Mayjen Maruli sebelum ditunjuk menjadi Pangkostrad memang menjabat Pangdam Udayana dan Danpaspampres. Rekam jejak tersebut, menurut Tamliha, tak terlepas bahwa Mayjen Maruli juga cukup dekat dengan Presiden Jokowi.

"Beliau kan mantan Danpaspampres sehingga sudah terbiasa bergaul dengan Presiden Jokowi," imbuhnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Simak juga Video: Profil Mayjen Maruli Simanjuntak, Menantu Luhut yang Ditunjuk Jadi Pangkostrad

[Gambas:Video 20detik]