NasDem: Mayjen Maruli Penuhi Kriteria Pangkostrad, Harus Setia Presiden

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 18:19 WIB
farhan  anggota dpr ro 2019 2024.
Muhammad Farhan (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Mayjen TNI Maruli Simanjuntak diberi jabatan baru menjadi Pangkostrad oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Anggota Komisi I Fraksi NasDem Muhammad Farhan menilai Mayjen Maruli memenuhi kriteria menjadi Pangkostrad.

"Saya menghormati keputusan Panglima TNI, dan percaya bahwa Pak Maruli adalah pilihan terbaik untuk posisi Pangkostrad," kata Farhan kepada wartawan, Sabtu (22/1/2022).

Mayjen Maruli, kata Farhan, harus setia kepada Presiden dengan jabatan Pangkostrad. Mayjen Maruli sesungguhnya juga cukup dekat dengan lingkar Istana. Sebab, dua jabatan sebelumnya adalah Danpaspampres.

"Pak Maruli memenuhi kriteria yang pas karena Pangkostrad adalah sosok yang harus setia kepada Presiden RI," kata anggota Dewan Pakar Partai NasDem Jabar itu.

"Semoga Pak Maruli mampu mengemban tugas ini dengan penuh amanah dan profesionalisme," imbuhnya.

Panglima TNI Tunjuk Pangkostrad Baru

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sebelumnya menunjuk Mayjen TNI Maruli Simanjuntak menjadi Pangkostrad. Penunjukan perwira tinggi yang juga menantu Luhut Binsar Pandjaitan itu berdasarkan surat keputusan yang ditandatangani Andika pada Jumat kemarin.

Keputusan itu tertuang dalam Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi TNI melalui Keputusan nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Surat ditandatangani oleh Jenderal Andika.

"Pangkostrad (dijabat oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak)," kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal TNI Prantara Santosa dalam keterangan yang diterima detikcom, Sabtu (22/1).

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: