Hitamnya Hitam

Pura-pura Jadi Mata-mata, Pria Ini Culik Belasan Remaja

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 23 Jan 2022 07:24 WIB
Ilustrasi Penipuan Online
Ilustrasi penipuan (Foto: shutterstock)

Bahkan Robert sampai bisa memanipulasi John agar menjadi loyal kepadanya. Ia menawari John bergabung menjadi mata-mata. Tetapi John harus memenuhi beberapa syarat, seperti misalnya rela dipukuli tanpa mengeluh sampai mau merekrut teman-temannya yang lain. John pun merekrut rekan-rekannya yang jumlahnya belasan.

Robert berhasil meyakinkan John dan kawan-kawannya soal pekerjaan mata-mata ini. Mereka pun tinggal di apartemen Sheffield selama lima bulan. Dari kelompok ini ia meraup ribuan poundsterling.

Robert membuat aturan bahwa mereka tidak boleh keluar demi keamanannya. Namun pada akhirnya kelompok ini bubar. Sedangkan Robert berhasil memacari salah satu wanita di kelompok itu dan memiliki anak darinya.

Namun, pada akhirnya kejahatan manipulatif Robert ini terungkap. Ia ditangkap pada tahun 2002 oleh FBI. Kejahatan ini terungkap setelah telepon Robert disadap.

Robert divonis pada Juni 2005 dengan hukuman 10 tahun penjara atas tuduhan penipuan, pencurian dan penculikan. Kisah Robert ini pun sampai diangkat menjadi serial film dokumenter berjudul 'Master Pupet'.


(rdp/tor)