Ditlantas Polda Metro Bantah Fasilitasi Nopol Polisi Arteria Dahlan

Mei Amelia Rahmat - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 21:06 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo
Foto: Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua DPR Bidang Politik dan Keamanan Lodewijk Paulus menduga nomor polisi (nopol) mobil anggota Komisi III DPR RI, Arteria Dahlan, yang berpelat dinas Polri difasilitasi oleh Ditlantas. Namun anggapan itu dibantah oleh Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

"Ini nggak benar, Ditlantas tidak pernah mengeluarkan nomer dinas," kata Sambodo kepada wartawan, Sabtu (22/1/2022).

Sambodo mengatakan pihaknya tidak melakukan registrasi dan identifikasi untuk kendaraan dinas. Menurutnya, registrasi dan identifikasi itu dilakukan hanya untuk kendaraan pribadi dan kendaraan umum.

"Ditlantas melakukan registrasi dan identifikasi hanya untuk kendaraan pribadi dan kendaraan umum, bukan kendaraan dinas," ucapnya.

Polri Ungkap Fakta

Untuk diketahui, pelat nomor kendaraan organik kepolisian yang terpasang di kelima mobil Arteria bernomor 4196-07. Polri mengatakan pelat nomor kendaraan organik 4196-07 tercatat untuk mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar.

Dalam data Slog Polri, pelat nomor tersebut memang untuk Arteria Dahlan. Artinya pelat nomor organik kepolisian itu hanya untuk satu mobil.

"Berdasarkan hasil pendataan di Bag Invent Biro Pal Slog Polri untuk No. Pol 4196-07 diperuntukkan Mitsubishi Pajero Sport Dakar dengan atas nama pemilik H.Arteri Dahlan, S.T., S.H., M.H/ DPR RI," terang Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan saat dihubungi detikcom, Rabu (19/1).