Arteria Punya Nopol Polri, Pimpinan DPR Duga Fasilitas dari Ditlantas

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 16:35 WIB
Wakil Ketua DPR Lodewijk F Paulus, di gedung DPR, Jakarta, Kamis (30/9/2021).
Wakil Ketua DPR Lodewijk F Paulus (Alfons/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua DPR Bidang Politik dan Keamanan Lodewijk Paulus buka suara terkait nomor polisi mobil anggota DPR Fraksi PDIP Arteria Dahlan yang berpelat dinas Polri. Dia menduga pelat itu didapat dari Ditlantas.

"Secara teknis saya tidak tahu (anggota DPR lain pakai pelat Polri). Karena biasanya itu hubungan pribadi ya, apalagi mereka Komisi III, mitra mereka kan kepolisian. Mungkin dari situ mereka ada komunikasi dengan Ditlantas untuk mendapatkan fasilitas itu," kata Lodewijk di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (21/1/2022).

Lodewijk mengatakan ada kemungkinan Arteria Dahlan mendapat pelat dinas polisi karena sebagai anggota Komisi III yang bermitra dengan polisi. Namun dia menegaskan hal itu menyangkut urusan pribadi di luar instansi.

"Dan mungkin itu fasilitasnya. Saya belum tahu persis fasilitas. Tapi saya pikir itu hubungan pribadi yang bersangkutan (Arteria Dahlan) dengan aparat yang terkait dengan itu," lanjutnya.

Lodewijk menegaskan tidak ada keistimewaan anggota DPR. Dia mengatakan DPR punya kewenangan mengatur fasilitas keanggotaan, kecuali di luar pribadi.

"Saya katakan itu bukan (keistimewaan anggota Komisi III), seharusnya kita punya hak yang sama dong, bukan karena Komisi III, katakan sayalah, saya sebagai (bidang) polhukam ya kan saya mengkoordinir Komisi I, II, III, Baleg, dan BKSAP apakah itu ada? Itu pribadi saya pikir, tidak ada ya," ucap Lodewijk.

"DPR ini punya tata tertib yang mengatur itu manakala mungkin ada hal-hal seperti itu lebih pada konteks pribadi," lanjutnya.

Diketahui, sebelumnya ada lima mobil milik Arteria bernomor pelat Polri 4196-07. Mobil itu diparkir area parkir kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

Penjelasan Arteria

Arteria Dahlan menjelaskan alasan memarkir kelima mobilnya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta. Arteria beralasan kelima mobilnya diparkir di DPR karena rumahnya sedang direnovasi.

"Nanti tanya Mas Utut (Ketua Fraksi PDIP DPR Utut Adianto), kan sudah pernah ke rumah saya lagi direnov. Jadi clear-lah yang seperti itu," kata Arteria saat jumpa pers di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/1/2022).

Arteria memastikan pelat nomor Polri 4196-07 yang menjadi polemik tak digunakan untuk berkendara. Anggota DPR dari Fraksi PDIP itu mengaku adalah orang yang tertib.

"Nggak (dipakai untuk berkendara), coba bisa dilihat nanti. Dan pastinya kan, mudah-mudahan saya tertiblah. Teman-teman kan bisa lihat bagaimana saya kerja di DPR. Mudah-mudahan saya tertib, mudah-mudahan saya bisa disiplin," sebutnya.

Selain itu, Arteria mengklarifikasi soal mobil-mobil miliknya. Anggota Komisi Hukum DPR itu mengungkapkan ada beberapa mobil yang dimiliki sebelum menjadi anggota legislatif.

"Dan itu kalau dilihat mobil-mobil juga, beberapa mobil yang katanya mewah itu kan pada saat saya sebelum jadi anggota DPR semua," terang Arteria.

(rfs/eva)