Mayjen Sonny Aprianto Gantikan Maruli Simanjuntak Jadi Pangdam Udayana

Sui Suadyana - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 16:15 WIB
Upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) dari Jenderal TNI Budiman kepada Letnan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dilaksanakan hari ini, Jumat (25/7/2014) di Mabes TNI AD di Jl. Veteran, Jakarta Pusat. Jendral TNI Budiman telah menyerahkan jabatannya kepada Letjen TNI Gatot Nurmantyo.
Ilustrasi (Hasan Alhabshy/detikcom)
Denpasar -

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa resmi menunjuk Mayjen Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad. Mayjen Sonny Aprianto menggantikan Mayjen Maruli Simanjuntak menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana.

"Penggantinya (Mayjen Maruli Simanjuntak adalah) Mayjen TNI Sonny Aprianto. Jabatan lama Deputi III Bidang Kontraintelijen BIN," kata Kapendam IX/Udayana Letkol Kav Antonius Totok Yuniarto P kepada detikcom, Sabtu (22/1/2022).

Totok mengungkapkan pergantian jabatan tertinggi di Kodam IX/Udayana itu sesuai dengan Surat Keputusan (Skep) Panglima TNI Nomor Kep/66/I/2022.

Jenderal Andika Perkasa sebelumnya menunjuk Mayjen Maruli Simanjuntak menjadi Pangkostrad. Penunjukan perwira tinggi yang juga menantu Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan itu berdasarkan surat keputusan yang ditandatangani Andika.

Keputusan itu tertuang dalam Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi TNI melalui Keputusan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Surat ditandatangani oleh Jenderal Andika.

"Pangkostrad (dijabat oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak)," kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal TNI Prantara Santosa dalam keterangan yang diterima detikcom, Sabtu (22/1).

Dalam surat keputusan ini, ada 328 Perwira Tinggi TNI yang mendapatkan jabatan baru tersebut. Sebanyak 28 diantaranya masuk ke dalam jabatan satuan-satuan baru TNI. Hal itu telah diamanatkan dalam Perpres No 66 Tahun 2019.

"Diamanatkan dalam Perpres No 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI, seperti Komando Armada TNI AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI, dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI," kata Prantara.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Lihat Video: Profil Mayjen Maruli Simanjuntak, Menantu Luhut yang Ditunjuk Jadi Pangkostrad

[Gambas:Video 20detik]