detikcom Do Your Magic

Bedeng Belakang JIS Ditertibkan Februari, KAI: Itu Area Steril

Marteen Ronaldo - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 22:14 WIB
Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa (Wilda-detikcom)
Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa (Wilda/detikcom)
Jakarta -

PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menertibkan bedeng ilegal yang berada di kawasan Jakarta Internasional Stadium, Paponggo, Jakarta Utara. Penertiban akan dimulai pada Februari mendatang.

Kepala Humas PT KAI Daop I Eva Chairunisa saat dihubungi mengatakan warga yang berada di sana sudah seharusnya meninggalkan kawasan milik pemerintah tersebut.

"Iya tidak bisa gitu (menolak gusuran), itu kan mereka ilegal di sana. Dan itu area steril ada undang-undangnya," katanya saat dihubungi oleh detikcom, Jumat (21/1/2022).

Ia pun menjamin bahwa pelaksanaan penertiban akan terus berjalan. Penertiban akan menggunakan cara yang persuasif.

"Artinya, penertiban tetap akan dilakukan untuk keselamatan dan keamanan bersama. Akan kita selesaikan secara baik-baik," jelasnya.

Rencana penertiban sendiri akan dilakukan pada bulan depan. Penertiban melibatkan petugas gabungan.

"Rencana di bulan Februari. Sekarang masih tahap pendataan kemudian akan dikeluarkan surat peringatan," terangnya.

Sebelumnya, penghuni bedeng di area rel kereta belakang Jakarta International Stadium (JIS) menolak pindah atau membongkar hunian. Padahal mereka telah didatangi petugas dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) maupun Kelurahan Papanggo, Tanjung Priok.

Pantauan di lokasi, Jumat (21/1), terlihat warga masih berkegiatan sehari-hari meskipun telah terpasang spanduk pemberitahuan. Mereka tidak menghiraukan spanduk tersebut dan tidak sama sekali beranjak dari tempat masing-masing.

(lir/lir)