Temuan Kulit Kabel di Gorong-gorong Kemayoran Diduga Bekas Curian

Anggi Muliawati - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 20:57 WIB
Sampah kulit kabel di gorong-gorong Kemanyoran, Jakpus.
Temuan kulit kabel di gorong-gorong Kemayoran (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Puluhan kilogram kulit kabel ditemukan di gorong-gorong Jl Bungur Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat. Kulit kabel tersebut diduga bekas dari pencurian.

"Mungkin pasti dicuri ya, dia cuma ngambil tembaga aja," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Pusat, Agustio saat dihubungi, Jumat (21/1/2022).

Agustio menduga kabel tersebut dibongkar di dalam gorong-gorong, dengan cara menjebol jalanan, sehingga membuat bingkai jalan amblas.

"Dia bongkarnya pasti di gorong-gorong, kabel itu kan biasanya di dalam tanah, dipinggir saluran, mungkin kabel itu ditarik, tembaganya diambil, dijebol," katanya.

"Karena jebolan itu, bingkai jalan yang turun amblas, panjangnya sekitar 2 meter," lanjutnya.

Sementara itu, Kasie Pemeliharaan Sudin SDA Jakpus, Achmad Daeroby mengatakan hal yang serupa. Menurutnya, kabel tersebut diduga telah dicuri.

"Mungkin (dicuri), saya juga kurang tahu jelas," katanya.

Daeroby mengatakan, saat ini belum ada laporan pencurian tersebut kepada pihak kepolisian. Dia menyebut akan mengkoordinasikan dengan pimpinan.

"Sampai saat ini belum buat laporan, nanti saya tanya pimpinan, saya belum tahu arahannya," tuturnya.

Seperti diketahui, Suku Dinas Bina Marga Jakarta Pusat menemukan gulungan kulit kabel sebanyak satu truk di gorong-gorong Kemayoran, pada Kamis (20/1). Penemuan tersebut berawal dari laporan warga adanya jalan yang amblas.

Lihat juga video 'Sampah Kulit Kabel Capai 3 Truk, Kok Bisa?':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)