detikcom Do Your Magic

Di Rusunami City Garden: PAM Tak Ada, Air Tangki Hasil Iuran Keruh

Marteen Ronaldo Pakpahan - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 18:48 WIB
Rusunami City Garden tanpa suplai air bersih, air tanki juga keruh. 19 Januari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Rusunami City Garden tanpa suplai air bersih, air tangki juga keruh, 19 Januari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Jakarta -

Pencarian solusi atas masalah suplai air bersih di Rusunami City Garden masih terus berlanjut. Selain dilanda kekurangan air bersih selama 12 tahun, kini warga mendapatkan air yang keruh dan menguning dari tanki yang disediakan pengelola rusun.

Pantauan di lokasi Rusunami, Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (19/1/2022), terlihat beberapa perbedaan antara air yang didapatkan dari tangki iuran warga selama ini sebesar Rp 300 ribu dengan air yang dibeli dari PAM Jaya.

Tampak air dari PAM Jaya jernih dan bening, sedangkan air dari tangki yang diambil sangat keruh dan menguning. Bahkan hasil proses filter (penyaringan air) milik salah satu warga menunjukkan warna hitam di tabungnya. Frengky salah satu warga mengatakan bahwa permasalahan air bersih di Rusun City Garden masih terus terjadi.

"Iya, ini airnya keruh dan menguning ini air tangki yang disiapkan oleh pihak pengelola hasil dari uang iuran yang warga kumpulkan sebanyak Rp 300 ribu itu, Bang," kata Frengky di Rusunami ini.

Rusunami City Garden tanpa suplai air bersih, air tanki juga keruh. 19 Januari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)Rusunami City Garden tanpa suplai air bersih, air tangki juga keruh, 19 Januari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)

Ia menerangkan permasalahan air di Rusunami City Garden sudah sering terjadi dan belum ada upaya penyelesaian. "Tetapi sekarang balik lagi ini airnya keruh dan kemarin saya baru ganti filter airnya, dan sekarang sudah berwarna hitam lagi. Saya nggak tahu air apa yang dikasih ke kita ini," terangnya.

Rusunami City Garden tanpa suplai air bersih, air tanki juga keruh. 19 Januari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)Rusunami City Garden tanpa suplai air bersih, air tanki juga keruh. 19 Januari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)

Bikin Sakit Kulit

Dia pun menerangkan bahwa air yang mengendap di baskom kamar mandi berubah menjadi hitam dan menguning.

"Jadi ini baru dibersihkan juga nih gayung juga baru saya bersihkan, kalau tidak mah, mungkin warnanya hitam kali," paparnya.

Rusunami City Garden tanpa suplai air bersih, air tanki juga keruh. 19 Januari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)Rusunami City Garden tanpa suplai air bersih, air tangki juga keruh, 19 Januari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)

Dampak dari hal itu, menurutnya, banyak warga yang mengalami sakit kulit yang berkepanjangan.

"Ya banyak badan penghuni rusun yang gatal-gatal dan mengalami sakit kulit lagi karena itu," jelas Frengky.

Salah satu warga Rusunami City Garden alami penyakit kulit.Salah satu warga Rusunami City Garden mengalami penyakit kulit. (Marteen Ronaldo/detikcom)

Ia menerangkan, air yang didapatkan oleh warga merupakan air tangki yang diberikan dari pihak pengelola.

"Kalau airnya saya kurang tahu dari mana, tapi yang pasti kan air tangki itu kita iuran bersama dan menyerahkan ke pihak pengelola untuk selanjutnya mencari penyuplai air ke kita," tegasnya.

Sementara itu, Sumatro warga lainnya juga menerangkan bahwa air keruh dan menguning masih terus terjadi.

"Ini masalah air masih belum kelar, ini air yang kita pesan juga pas kita buka keran warnanya putih, seharusnya kan bening kalau air itu kan, tapi ini putih," katanya.

Sementara itu, petugas customer service Rusunami City Garden, Agus, saat ditemui mengatakan air yang dipesan oleh pihaknya ke penyuplai bersih dan baik.

"Bersih air yang kita siapkan, kan ini air dari iuran warga. Kualitasnya saya jamin terjaga dan bersih untuk warga," kata Agus.

(dnu/dnu)