Pengeroyokan Anggota TNI di Waduk Pluit: Pelaku Ditangkap, Motif Terungkap

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 14:11 WIB
Pengeroyokan TNI di Waduk Pluit: Pelaku Ditangkap, Motif Terungkap
Pengeroyokan TNI di Waduk Pluit: Pelaku Ditangkap, Motif Terungkap - Konferensi pers pengeroyokan hingga menewaskan prajurit TNI AD di Jakut (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Pelaku pengeroyokan anggota TNI di Waduk Pluit sudah ditangkap polisi. Peristiwa pengeroyokan tersebut mengakibatkan seorang anggota TNI AD Pratu Sahdi (23) tewas usai ditusuk menggunakan senjata tajam oleh para pelaku.

Polda Metro Jaya mengungkapkan delapan pelaku yang terlibat aksi pengeroyokan itu berstatus sebagai warga sipil. Diketahui, empat dari delapan pelaku tersebut sudah ditangkap polisi.

Berikut fakta-fakta terkini yang diketahui sejauh ini:

Pengeroyokan Anggota TNI di Waduk Pluit, Pelaku Utama Sudah Ditangkap

Selain menangkap empat orang pelaku, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengungkapkan telah menangkap pelaku utama atas aksi pengeroyokan tersebut. Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis Aryana juga membenarkan saat dikonfirmasi terkait penangkapan tersebut.

Pelaku utama yang ditangkap pada Rabu (19/1) pagi tadi merupakan seorang warga sipil yang bernama Baharudin. Baharudin ditangkap polisi saat bersembunyi di kawasan Dermaga Kepiting Pelabuhan Muara Baru.

"Betul, sudah diamankan oleh anggota, selanjutnya dibawa ke Ditreskrimum Polda Metro Jaya," kata AKBP Putu saat dikonfirmasi terpisah. Dia menyebut pelaku ditangkap oleh unit Reskrim Polsek Kawasan Muara Baru.

"Tidak ada perlawanan saat ditangkap," ucapnya.

3 Pelaku Pengeroyokan Anggota TNI di Waduk Pluit Berstatus DPO

Polisi sebelumnya menetapkan tiga pelaku lain sebagai tersangka. Mereka kini berstatus sebagai daftar pencarian orang (DPO) dalam kasus pengeroyokan prajurit TNI AD.

Ketiga pelaku tersebut di antaranya:

  1. Pelaku atas nama Baharudin, yang sudah ditangkap sebagai pelaku utama aksi penusukan terhadap korban
  2. Pelaku berstatus DPO atas nama Sapri
  3. Pelaku berstatus DPO atas nama Ardi

Motif Pengeroyokan Anggota TNI di Waduk Pluit

Pelaku utama pengeroyokan anggota TNI di waduk Pluit kini sudah ditangkap. Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat sebelumnya sudah menjelaskan awal mula aksi pengeroyokan TNI akibat adanya kesalahpahaman pelaku dan korban.

"Motifnya diduga ada kesalahpahaman karena anggota prajurit TNI yang jadi korban dengan para pelaku tidak pernah ada permasalahan sebelumnya," jelas Tubagus Ade.

Dia menjelaskan, para pelaku tidak dalam posisi mencari korban. Korban disebut berada di lokasi dan terlibat cekcok dengan pelaku hingga berujung pengeroyokan tersebut.

"Bukan dia (pelaku) mencari anggota TNI, tapi anggota TNI kebetulan berada di sana sehingga motivasinya perselisihan di lokasi kejadian karena antara anggota TNI dengan para pelaku tersebut tidak punya hubungan apa-apa sebelum kejadian tersebut," jelas Tubagus Ade.

Informasi soal kronologi pengeroyokan anggota TNI di Waduk Pluit dapat dilihat di halaman selanjutnya.

Simak Video 'Polisi Buru 3 Pelaku Lain Pengeroyok Anggota TNI AD di Jakut':

[Gambas:Video 20detik]