Kawasan Terminal Jatijajar Depok Belum Tentu Jadi Lokasi Street Race

Nahda Rizki Utami - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 19:51 WIB
Street Race Jakarta bakal digaspol besok pagi, Minggu (16/1) di Ancol. Saat ini sejumlah pebalap sibuk melakukan uji coba. Yuk, intip foto-fotonya!
Street race yang digelar di Ancol pada akhir pekan lalu. (Pradita Utama/detikcom)
Depok -

Satlantas Polres Metro Depok berencana menggelar street race di kawasan Depok. Saat ini pihak kepolisian masih melakukan penentuan lokasi untuk ajang street race nanti.

"Ada rencana, tapi lokasinya kemarin belum bisa. Belum ketemu jalurnya, belum ada," kata Kasat Lantas Depok Kompol Jhoni Eka Putra saat dihubungi detikcom, Selasa (18/1/2022).

Jhoni menyebutkan kriteria lokasi yang bisa dijadikan tempat untuk street race harus memperhatikan beberapa hal, di antaranya panjang jalur dan perizinan lokasi. Dia mengatakan pihak kepolisian tidak bisa memilih sembarang tempat.

"Kan ada jalur ya, panjangnya seperti apa, terus izinnya. Nggak bisa kita sembarang tempat," jelas Jhoni.

Sampai saat ini, polisi belum dapat memastikan lokasi street race di Kota Depok. Pihak kepolisian masih dalam tahap penentuan lokasi.

Sempat beredar kabar bahwa street race di Depok akan digelar di kawasan Terminal Jatijajar. Jhoni mengatakan belum ada keputusan menunjuk kawasan Terminal Jatijajar sebagai arena street race.

"Belum (diputuskan di Terminal Jatijajar). Belum soalnya kita masih tahap penentuan lokasi. Belum dapat lokasinya, belum ada," kata Jhoni.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menggelar balapan sepeda motor bernama street race bagi ratusan peserta. Kegiatan yang digagas Polda Metro Jaya ini diselenggarakan di Ancol, Jakut.

Rencananya, street race ini digelar secara berkelanjutan di sejumlah wilayah. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyebut street race menjadi jawaban atas masalah balapan liar di wilayah Jabodetabek.

"Perlu digarisbawahi bahwa kegiatan ini bukan seremonial, kegiatan ini akan berkelanjutan. Bulan depan rencananya di Serpong, doakan di Bekasi, Cikarang, segera bisa dimulai. Kalau kita bergerak bersama saya kira persoalan ini bisa kita selesaikan," kata Fadil Imran dalam jumpa pers di lokasi street race, Ancol, Minggu (16/1).

Fadil mengatakan kegiatan ini merupakan upaya menekan aksi balapan liar di jalan. Fadil juga meminta jajarannya di daerah penyangga, seperti Bekasi dan Tangerang Selatan, mengakomodasi street race.

Simak video 'Polda Metro Jaya Juga Siapkan Road Race, Tapi Tunggu Lintasannya':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)