Street Race Digelar Seminggu Sekali demi Cegah Judi-Laka Lantas

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 15:28 WIB
Street Race Jakarta bakal digaspol besok pagi, Minggu (16/1) di Ancol. Saat ini sejumlah pebalap sibuk melakukan uji coba. Yuk, intip foto-fotonya!
Street race Polda Metro Jaya di Ancol. (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya berencana menggelar ajang street race di Ancol, Jakarta Utara, satu kali dalam sepekan. Meski begitu, rencana itu sejauh ini masih dalam tahap penggodokan.

"Tempat ini pun bisa kita laksanakan seminggu sekali pada malam hari, terserah mau malam apa. Nanti kita bicarakan," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomoyogo kepada wartawan, Minggu (16/1/2022).

Sambodo berharap adanya balap liar legal ini dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Sebab, kecelakaan lalu lintas akibat balapan liar kerap tidak tercatat oleh pihak kepolisian.

"Ya korban kecelakaan balap liar cenderung tidak tercatat, karena memang tidak dilaporkan. Mereka memang tabrakan, kecelakaan langsung dibawa. Sehingga, mereka tidak dilaporkan ke kita. Nah tapi mudah-mudahan dengan (acara) seperti ini kecelakaan itu bisa akan turun," kata Sambodo.

Selain itu, Sambodo berharap perhelatan itu dapat mengurangi tindakan perjudian yang kerap dilakukan antar pembalap maupun joki balap liar. Sebab, Polda Metro Jaya telah menyediakan sejumlah hadiah bagi para pemenang.

"Kan sudah ada doorprize, mudah-mudahan dengan adanya doorprize, motor, TV, segala macam, mudah-mudahan bisa mengurangi taruhannya," terangnya.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya resmi menggelar balapan liar legal bernama street race hari ini. Kegiatan yang digagas Polda Metro Jaya ini diselenggarakan di Ancol, Jakarta Utara.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran, menyebut ajang ini jadi sarana menjaring pembalap berbakat.

"Mudah-mudahan ini bisa menjadi pemicu awal sekaligus melahirkan pembalap baru seperti Mario yang tidak hanya di jalanan. Mungkin mereka bisa di Moto 3, Moto 2, sampai pada MotoGP," kata Fadil Imran kepada wartawan di Ancol, Minggu (16/2/2022).

Street race Ancol Polda Metro Jaya ini diikuti 350 pembalap dari berbagai kelas. Kegiatan ini nantinya diharapkan dapat diadakan juga di daerah lainnya.

"Ada 350 yang sudah daftar. Semuanya kemungkinan akan hadir. Ini baru awal, nanti kita lihat perkembangannya, apabila ini positif, bukan tidak mungkin akan menjadi perluasan ke daerah yang lain," kata perwakilan panitia street race Polda Metro Jaya, AKP Rudi Wiransyah.

Simak Video 'Street Race Ancol Ramai, Kapolda: Bulan Depan di Serpong-Bekasi':

[Gambas:Video 20detik]



(rak/dhn)