Haris Azhar Bantah Mangkir dengan Alasan Tak Wajar: Saya Sudah Jelaskan

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 12:35 WIB
Jakarta -

Haris Azhar angkat bicara soal keterangan polisi yang menilainya mangkir pemeriksaan dua kali dengan alasan yang tidak wajar. Dia menilai selalu kooperatif dan memberikan keterangan kepada polisi saat tidak bisa memenuhi panggilan pemeriksaan.

"Saya nggak tahu wajar nggak wajar. Saya mah (kirim) surat baik-baik. Dari pemanggilan pertama saya sampaikan surat bahwa (pemeriksaan) di atas tanggal 4 (Februari)," kata Haris di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Polisi sempat mendatangi kediaman Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti pagi tadi. Keduanya hendak dijemput paksa untuk memenuhi panggilan pemeriksaan sebagai saksi di Polda Metro Jaya.

Haris mengaku tidak mengerti alasan pihak kepolisian saat mencoba melakukan upaya jemput paksa kepadanya. Pasalnya, dia menilai selalu kooperatif selama proses pemeriksaan selama ini.

"Saya juga nggak ngerti tadi juga saya sampaikan begitu. Kalau memang nggak hadir saya kan sudah jelaskan alasannya. Kami kirim surat segala macam," jelas Haris.

Hal senada disampaikan oleh Fatia Maulidiyanti. Dia menyebut ketidakhadirannya di dua pemeriksaan sebelumnya karena alasan pekerjaan.

Alasan itu, katanya, sudah disampaikan kepada penyidik Polda Metro untuk.

"Saya kan kerja ya. Urusannya nggak sama kepolisian doang," singkatnya.

Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti siang ini mulai menjalani pemeriksaan di gedung Ditreskrimus Polda Metro Jaya. Keduanya diperiksa sebagai terlapor atas laporan pencemaran nama baik yang dilayangkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.