Nama Ibu Kota Baru Diumumkan 'Nusantara', Ini Fakta-faktanya

ADVERTISEMENT

Nama Ibu Kota Baru Diumumkan 'Nusantara', Ini Fakta-faktanya

Tim detikcom - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 16:53 WIB
Nama ibu kota baru kini telah disepakati oleh pemerintah dengan nama Nusantara. Bagaimana fakta terbarunya?
Nama Ibu Kota Baru 'Nusantara', Ini Fakta-faktanya (Foto: dok. Screenshot)

Kritik Nama Ibu Kota Negara Bernama Nusantara

Meski telah disetujui oleh Presiden Jokowi, nama ibu kota negara Nusantara menuai kritik dari sejumlah anggota DPR RI. Salah satunya dari Ketua Pansus RUU IKN Ahmad Doli Kurnia yang memberikan catatan soal susunan kalimat 'ibu kota negara Nusantara'.

"Catatan aja, supaya clear, ini secara semantik, secara bahasa harus tepat. Rasa-rasanya, ibu kota negara Nusantara, itu multitafsir," katanya dalam rapat.

Lebih lanjut Doli menyarankan agar kata 'ibu kota negara' tidak digabung dengan kata 'Nusantara'. Menurutnya, nama ibu kota hanya cukup dengan kata 'Nusantara', tanpa kata 'ibu kota negara'.

"Misalnya, ibu kota negara yang bernama Nusantara, saya begitu, yang selanjutnya disebut sebagai Nusantara saja, karena sudah dijelaskan, ibu kota negara bernama Nusantara. Saya tidak ahli bahasa, tapi saya tangkap semua aspirasi teman-teman begitu," papar Doli.

"Ibu kota negara statusnya, tapi namanya Nusantara. Tapi, kalau digabung ibu kota negara Nusantara itu multitafsir, itu catatannya. Khusus pasal ini dibuat supaya tidak multitafsir dalam konteks bahasa," imbuhnya lebih lanjut.


(azl/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT