Berapa Kasus Omicron di Indonesia Sekarang? Ini Data Terbarunya

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 11:32 WIB
Jakarta -

Berapa kasus Omicron di Indonesia penting untuk diketahui. Terlebih, sejauh ini kasus varian Omicron di Indonesia terpantau terus bertambah.

Simak informasi berikut untuk menjawab berapa kasus Omicron di Indonesia

Berapa Kasus Omicron di Indonesia? Totalnya ada 572 Kasus

Menjawab pertanyaan berapa kasus Omicron di Indonesia, dilansir dari situs Sehat Negeriku Kemkes, pada Rabu (12/1) jumlah kasus COVID-19 varian Omicron di Indonesia kembali bertambah menjadi 66 kasus. Tercatat total kasus Omicron di Indonesia menjadi 572 kasus.

Penambahan kasus tersebut terdiri dari 33 kasus yang mencakup pelaku perjalanan internasional. Sementara itu, 33 orang lainnya berasal dari transmisi lokal.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menyebutkan tidak ada perbedaan karakteristik gejala antara pasien perjalanan luar negeri dan pasien transmisi lokal. Sebagian besar gejalanya ringan dan tanpa gejala.

"Dari hasil pemantauan di lapangan, mayoritas gejalanya ringan dan tanpa gejala. Jadi belum butuh perawatan yang serius," katanya.

Berapa kasus Omicron di Indonesia saat ini sudah diketahui. Di bawah ini adalah Informasi lainnya mengenai varian Omicron di Indonesia.


Kasus Omicron di Indonesia: Kemenkes Perkuat 3T

Melansir situs Sehat Negeriku Kemkes, penambahan kasus Omicron dalam beberapa waktu terakhir telah berimplikasi pada lonjakan kasus harian nasional. Menghadapi hal tersebut, Kementerian Kesehatan akan meningkatkan pelaksanaan 3T yakni Testing, Tracing dan Treatment terutama di daerah yang berpotensi mengalami penularan kasus tinggi.

Berikut adalah rincian pelaksanaan 3T oleh Kemenkes:

  1. Testing
    Kemenkes mendistribusikan kit SGTF ke seluruh lab pembina maupun lab pemerintah. Selain itu, Kemenkes juga akan mempercepat proses pemeriksaan PCR dan SGTF agar penemuan kasus bisa dilakukan sedini mungkin.
  2. Racing
    Kemenkes akan meningkatkan rasio tracing pada daerah yang jumlah kasus positifnya lebih dari 30 orang untuk mencegah penyebaran yang semakin luas.
  3. Treatment
    Kemenkes menjamin ketersediaan ruang isolasi terpusat maupun isolasi mendiri untuk kasus gejala ringan dan tanpa gejala. Sementara itu untuk gejala sedang dan berat telah disiapkan RS dengan kapasitas tempat tidur yang mencukupi.

Kasus Omicron di Indonesia: Sebagian Besar Sudah Sembuh

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebutkan, saat ini lebih dari 500 orang terkena Corona varian Omicron yang dirawat di rumah sakit (RS). Sebagian besar sudah sembuh dan pulang.

"Sampai sekarang sudah lebih dari 500 orang yang terkena Omicron yang dirawat di rumah sakit," kata Menkes Budi, Minggu (16/1/2021).

Sekitar 300 pasien Omicron sudah sembuh dan dipulangkan. Sebagian kecil pasien menggunakan alat bantu oksigen untuk pernapasan.

"Yang pulang sudah 300-an, yang butuh oksigen hanya 3, dan itu pun masuk kategori ringan, jadi tidak perlu sampai ventilator, masih oksigen biasa yang dipasang di mulut tidak dimasukin ke dalam," sambungnya

Informasi berapa kasus Omicron di Indonesia sudah diketahui. Simak pula halaman selanjutnya untuk mengetahui perkembangan Omicron saat ini.