Menkes: DKI Jakarta 'Medan Perang' Pertama Hadapi Omicron!

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 18:14 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut DKI Jakarta sebagai medan perang pertama dalam menghadapi COVID-19 varian Omicron. Budi mengatakan wilayah DKI Jakarta harus dipersiapkan secara khusus.

"Kita memang harus mempersiapkan khusus DKI Jakarta sebagai medan perang pertama menghadapi Omicron," ujar Budi dalam jumpa pers virtual, Minggu (16/1/2022).

Budi mengatakan pemerintah harus memastikan bahwa DKI Jakarta bisa memerangi Omicron. Dia mengungkapkan sebagian besar kasus transmisi lokal terjadi di Jakarta.

"Kami sampaikan bahwa sebagian besar, lebih dari 90% transmisi memang transmisi lokal, itu terjadi di DKI Jakarta," tuturnya.

"Dan kita harus memastikan kita bisa menangani. Perang hadapi Omicron di DKI Jakarta," sambung Budi.

Budi turut menyampaikan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), di mana masyarakat tidak perlu panik. Namun, Budi mengingatkan masyarakat harus tetap hati-hati dan disiplin protokol kesehatan (prokes).

"Beberapa hal yang tadi jadi arahan Bapak Presiden dipastikan walau kita tidak usah panik tapi harus hati-hati. Prokes di Jakarta harus ditingkatkan. Penggunaan PeduliLindungi diperketat. Testing, tracing terpusat ditingkatkan. Dianjurkan tak berkerumun dan tidak mobilitasnya terpantau banyak," imbuhnya.

Simak Video 'Ada 720 Kasus Omicron di DKI, 153 Di Antaranya Transmisi Lokal':

[Gambas:Video 20detik]



(drg/dhn)