Polda Metro Apresiasi 350 Pembalap Ramaikan Street Race Ancol

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 14:54 WIB
Street race yang digelar hari ini di Ancol, Jakarta Utara, menarik perhatian warga. Mereka datang berbondong-bondong menonton balapan ini.
Street race di Ancol, Jakarta Utara (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kegiatan street race yang digagas Polda Metro Jaya berlangsung di Ancol, Jakarta Utara, hari ini. Polda Metro Jaya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, khususnya para pembalap yang berpartisipasi dalam kegiatan street race.

"Bahwa Polda Metro menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat, khususnya kalangan pencinta balap motor yang selama ini melakukan balapan secara liar atau dikenal dengan istilah balap liar," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dikonfirmasi, Minggu (16/1/2021).

Zulpan mengatakan kini para pembalap liar dapat menyalurkan hobi dan bakatnya di arena yang telah disediakan Polda Metro Jaya. Zulpan menyebut kegiatan street race bakal dikembangkan hingga ke wilayah Bekasi dan Tangerang.

"Kegiatan ini akan dilakukan secara berkelanjutan bahkan akan dikembangkan ke daerah Bekasi dan Tangerang nantinya," katanya.

Sementara itu, Zulpan menuturkan ada 350 orang yang berpartisipasi dalam street race hari ini. Para peserta dibagi ke dalam 8 kelas.

"Hari ini peserta yang ikut giat street race ini sebanyak 350 orang yang terbagi dalam 8 kelas pertandingan," imbuh Zulpan.

Diberitakan sebelumnya, rencananya street race ini akan digelar secara berkelanjutan di sejumlah wilayah. Hal ini disampaikan langsung oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di arena street race, Ancol, Jakarta Utara.

"Perlu digarisbawahi bahwa kegiatan ini bukan seremonial, kegiatan ini akan berkelanjutan. Bulan depan rencananya di Serpong, doakan di Bekasi, Cikarang segera bisa dimulai. Kalau kita bergerak bersama saya kira persoalan ini bisa kita selesaikan," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dalam jumpa pers di lokasi street race, Ancol, Minggu (16/1/2022).

Fadil mengatakan komunitas balapan liar termasuk besar di DKI Jakarta. Oleh karena itu, Fadil mengatakan ini suatu awal yang baik untuk mengakomodasi pembalap liar.

"Mudah-mudahan ini jadi awal yang baik. Kita akan mengkanalisasi balapan liar yang selama ini bertarung di jalan raya di DKI Jakarta. Komunitas dan ekosistem roda 2 ini cukup besar, Jakarta saja sudah seperti ini bagaimana dengan tempat lain," sebutnya.

Fadil juga sudah meminta jajarannya di daerah penyangga, seperti Bekasi dan Tangerang Selatan, mengakomodasi rencana gelaran street race di wilayah tersebut.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya resmi menggelar balapan liar legal bernama street race. Kegiatan yang digagas Polda Metro Jaya ini diselenggarakan di Ancol, Jakarta Utara.

Street race ini akan mengadu para pembalap secara head-to-head atau satu lawan satu. Balapan ini terbagi dalam 8 kelas.

"1 lawan 1, head-to-head. Setelah itu baru delapan kelas itu digilir. Delapan kelas, bebek 2 tak, bebek 4 tak, matic 4 tak, sport, sunmori, 2 tak, 4 tak, kemudian Vespa 2 tak, free for all, seperti itu," kata Ditlantas Polda Metro Jaya AKP Rudi Wiransyah, Minggu (16/1/2022).

Simak Video 'Street Race Ancol Ramai, Kapolda: Bulan Depan di Serpong-Bekasi':

[Gambas:Video 20detik]



(drg/dhn)