Street Race Ancol Mulai Digeber, 8 Kelas Balapan Dilombakan

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 11:16 WIB
Kawasan balapan Street Race di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022)
Kawasan balap liar Street Race di Ancol, Jakarta Utara. (Muhammad Hanafi Aryan/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya resmi menggelar balapan liar legal bernama street race. Kegiatan yang digagas Polda Metro Jaya ini diselenggarakan di Ancol, Jakarta Utara.

Perwakilan panitia street race, AKP Rudi Wiransyah mengatakan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran akan melepas secara simbolis pembalap nasional Mario Aji.

"Start dari balapan itu akan dimulai oleh Pak Kapolda, dilepas. Nanti pertama simbolis oleh salah satu pembalap nasional kita, Mario Aji," kata Rudi Wiransyah kepada wartawan di lokasi street race, Ancol, Minggu (16/1/2022).

Dia menyebut nantinya Mario Aji akan melakukan uji coba lintasan street race dengan salah komunitas pembalap. Menurutnya, kegiatan awal ini hanya berupa latihan bersama.

"Dengan salah satu komunitas akan trial dua langsung. Sistemnya nanti kita tidak cari yang tercepat, tapi coba lintasan. Latihan bersama," sambung Rudi.

Nantinya, kata dia, street race ini akan mengadu para pembalap secara head-to-head atau satu lawan satu. Dia menyebut balapan ini terbagi dalam 8 kelas.

"1 lawan 1, head-to-head. Setelah itu baru delapan kelas itu digilir. Delapan kelas, bebek 2 tak, bebek 4 tak, matik 4 tak, sport, sunmori, 2 tak, 4 tak, kemudian Vespa 2 tak, free for all, seperti itu," terangnya.

Rudi menilai animo para pembalap hari ini cukup tinggi. Dia mengatakan, pihaknya lantas akan terus mengembangkan kegiatan serupa di daerah lain.

"Ada 350 yang sudah daftar. Semuanya kemungkinan akan hadir. Ini baru awal, nanti kita lihat perkembangannya. Apabila ini positif, bukan tidak mungkin akan menjadi perluasan ke daerah yang lain," ujarnya.

Simak Video 'Ratusan Joki Balap Liar Mulai Berdatangan di Street Race Ancol':

[Gambas:Video 20detik]



(fca/dhn)