Polda Metro Bakal Gelar Street Race di Serpong-Bekasi Bulan Depan

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 12:43 WIB
Jakarta -

Polda Metro Jaya menggelar balapan liar legal bernama street race di Ancol, Jakarta Utara. Rencananya, street race ini akan digelar secara berkelanjutan di sejumlah wilayah.

"Perlu digarisbawahi bahwa kegiatan ini bukan seremonial, kegiatan ini akan berkelanjutan. Bulan depan rencananya di Serpong, doakan di Bekasi, Cikarang segera bisa dimulai. Kalau kita bergerak bersama saya kira persoalan ini bisa kita selesaikan," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dalam jumpa pers di lokasi street race, Ancol, Minggu (16/1/2022).

Fadil mengatakan komunitas balapan liar termasuk besar di DKI Jakarta. Oleh karena itu, Fadil mengatakan ini suatu awal yang baik untuk mengakomodasi pembalap liar.

"Mudah-mudahan ini jadi awal yang baik. Kita akan mengkanalisasi balapan liar yang selama ini bertarung di jalan raya di DKI Jakarta. Komunitas dan ekosistem roda 2 ini cukup besar, Jakarta saja sudah seperti ini bagaimana dengan tempat lain," sebutnya.

Fadil juga sudah meminta jajarannya di daerah penyangga, seperti Bekasi dan Tangerang Selatan, mengakomodasi rencana gelaran street race di wilayah tersebut.

"Saya sudah minta Kasatlantas Bekasi, Tangerang Selatan. Nanti kita akan akomodasi kanalisasi adek-adek ini wilayah penyangga. Nanti saya minta masing-masing Polres mencari wilayah masing-masing," jelasnya.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya resmi menggelar balapan liar legal bernama street race. Kegiatan yang digagas Polda Metro Jaya ini diselenggarakan di Ancol, Jakarta Utara.

Street race ini akan mengadu para pembalap secara head-to-head atau satu lawan satu. Balapan ini terbagi dalam 8 kelas.

"1 lawan 1, head-to-head. Setelah itu baru delapan kelas itu digilir. Delapan kelas, bebek 2 tak, bebek 4 tak, matik 4 tak, sport, sunmori, 2 tak, 4 tak, kemudian Vespa 2 tak, free for all, seperti itu," kata Ditlantas Polda Metro Jaya AKP Rudi Wiransyah, Minggu (16/01/2022).

(mae/mae)