4 Ekor Diduga Lumba-lumba Risso Terdampar di Pantai Padanggalak Bali

Sui Suadnyana - detikNews
Jumat, 14 Jan 2022 12:30 WIB
Lumba-lumba terdampar di Pantai Padanggalak, Bali.
Lumba-lumba terdampar di Pantai Padanggalak, Bali. (dok. BPBD Denpasar)

Karena itu, dirinya masih mencoba mengidentifikasi dengan jelas. Awalnya, Windia Adnyana memperkirakan satwa tersebut jenis paus melon (Peponocephala electra).

Tetapi, setelah mengumpulkan dokumentasi, ia memperkirakan satwa tersebut merupakan lumba-lumba risso.

"Setelah mengumpulkan foto dari teman-teman yang lain dan sebagainya, tampaknya mereka itu lebih dekat ke dolphin, lumba-lumba betul, tapi yang disebut dengan risso dolphin," ungkapnya.

Windia Adnyana menyebut banyak faktor yang bisa menyebabkan lumba-lumba risso bisa terdampar atau menepi di pinggir pantai. Namun perkirakan penyebab terdampar paling dekat diperkirakan karena mengejar mangsa ke tepian.

Karena mengejar mangsa hingga mendekati tepian laut, lumba-lumba ini lalu mengalami disorientasi. Lalu lumba-lumba yang lain berusaha untuk menyelamatkan.

Windia Adnyana menyebut kondisi satwa laut itu masih cukup sehat, meskipun terdapat beberapa luka-luka lama di bagian tubuhnya.

"Ada satu ekor tadi itu kapalnya luka berdarah. Mungkin terbentur apa begitu ketika sempat beberapa kali ke daratan, membentur sesuatulah ketika di darat. Tetapi secara umum masih oke," tegasnya.


(aud/aud)