BPJS Kesehatan PBI Adalah Termasuk Siapa Saja? Berhak Vaksin Booster Gratis

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 10:26 WIB
senior woman show red heart shape with syringe icon,  after vaccinated or inoculation  booster dose  due to spread of corona virus, population, social or herd immunity concept
BPJS Kesehatan PBI Adalah Termasuk Siapa Saja? Berhak Vaksin Booster Gratis (Foto: Getty Images/iStockphoto/Ratana21)
Jakarta -

BPJS Kesehatan PBI adalah salah satu kelompok yang berhak menerima vaksinasi booster Covid-19 secara gratis. Diketahui vaksinasi booster atau dosis ketiga memang jadi program pemerintah yang dimulai pada 12 Januari 2022 mendatang.

Banyak yang bertanya-tanya siapa saja yang termasuk dalam kategori kelompok PBI BPJS Kesehatan, sesuai yang disampaikan oleh pemerintah. Hal ini lantaran ada beberapa kelompok BPJS Kesehatan yang tersedia.

detikcom merangkum informasi soal siapa saja yang termasuk sebagai kelompok PBI dan berhak menerima vaksin booster gratis. Simak ulasannya berikut ini.

BPJS Kesehatan PBI Adalah yang Iurannya Dibayarkan Pemerintah

Melansir dari laman resmi BPJS Kesehatan, kelompok PBI JK atau penerima bantuan iuran jaminan kesehatan adalah mereka yang digolongkan dalam kategori fakir miskin atau orang yang tidak mampu membayar iuran BPJS Kesehatan. Dengan demikian keanggotaaan BPJS Kesehatannya dibayarkan oleh pemerintah.

Masing-masing kategori tersebut diartikan sebagai berikut:

  1. Fakir miskin adalah orang yang sama sekali tidak memiliki sumber mata pencaharian dan atau memilikinya tapi pendapatannya tidak bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar yang layak untuk diri dan atau keluarganya.
  2. Orang tidak mampu adalah orang yang memiliki mata pencaharian, gaji atau upah namun hanya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar yang layak. Dia tidak bisa membayar iuran kepesertaan jaminan kesehatan untuk dirinya dan keluarganya

Adapun untuk menjadi kelompok PBI JK harus memenuhi beberapa syarat, antara lain:

  1. Warganegara Indonesia (WNI)
  2. Memiliki NIK yang Terdaftar di Dukcapil
  3. Terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

Kepesertaan akan mulai berlaku usai didaftarkan oleh Kementerian Kesehatan berdasarkan penetapan Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang sosial. Namun untuk anak yang dilahirkan dari ibu kandung peserta PBI akan otomatis terdaftar juga sebagai peserta.

BPJS Kesehatan PBI Adalah Berhak Terima Vaksin Booster

Diketahui peserta BPJS Kesehatan kelompok PBI adalah salah satu yang berhak menerima vaksin booster Covid-19 secara gratis. Ada pula lansia dan kelompok rentan lainnya seperti kelompok komorbid dengan immunicompromised yang juga berhak serupa.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pihaknya telah membicarakan rencana vaksinasi booster dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Nantinya masyarakat yang akan diberikan vaksin booster lebih dulu merupakan lansia dan kemudian peserta PBI BPJS Kesehatan.

"Rencana ke depannya kita sudah bicarakan dengan bapak presiden, pertama prioritasnya lansia dulu, karena beresiko tinggi," kata Budi dalam raker Komisi IX DPR RI, Senin (8/11/2021).

"Kedua akan ditanggung oleh negara itu yang PBI, jadi mohon maaf bapak dan ibu anggota DPR yang memang penghasilan cukup nanti kita minta bayar sendiri," sambungnya.

Adapun kriteria penerima vaksin yaitu:

  1. Berusia 18 tahun ke atas
  2. Wajib sudah divaksin dosis kedua minimal 6 bulan
  3. Berada di kabupaten/kota yang sudah memenuhi kriteria vaksinasi, yaitu:
    a. 70 persen vaksinasi pertama
    b. 60 persen vaksinasi kedua

Menurut data, ada 244 kabupaten/kota yang memenuhi kriteria pelaksanaan vaksin booster. Disebutkan ada 21 juta penduduk Indonesia yang masuk kategori penerima vaksin booster.

Kini BPJS Kesehatan PBI adalah termasuk siapa saja sudah diketahui. Informasi soal vaksin booster juga dapat dilihat di halaman selanjutnya.