Harga Vaksin Booster Belum Ditetapkan Pemerintah, Ini 6 Hal yang Diketahui

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 07 Jan 2022 15:16 WIB
Doctors wearing PPE uniforms white gloves are inoculating the arm muscles to prevent COVID 19.
Harga Vaksin Booster Belum Ditetapkan Pemerintah, Ini 6 Hal yang Diketahui - ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Worayuth Kamonsuwan)
Jakarta -

Harga vaksin booster di Indonesia belum ditetapkan oleh pemerintah. Vaksinasi ini merupakan program pemerintah sebagai upaya menekan laju COVID-19.

Harga vaksin booster yang sudah beredar adalah tarif yang berlaku di luar negeri. Tarif tersebut merupakan perkiraan harga yang akan berlaku di beberapa negara. Berikut serba-serbi terkait vaksin booster.

Vaksinasi Booster di Indonesia Berjalan Mulai 12 Januari

Harga vaksin booster di Indonesia masih belum ditetapkan oleh pemerintah. Meskipun demikian, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengonfirmasi bahwa vaksinasi booster di Indonesia berjalan mulai 12 Januari ini.

"Saya ingin meng-update,vaksinasi booster sudah diputuskan oleh Bapak Presiden akan jalan tanggal 12 Januari, ini diberikan ke golongan dewasa di atas 18 tahun sesuai rekomendasi WHO," ucap Budi dalam siaran pers, Senin (3/1/2022).

Harga Vaksin Booster di Indonesia Belum Ditetapkan oleh Pemerintah

Harga vaksin booster yang berlaku di Indonesia belum diresmikan oleh pemerintah. Mengutip dari situs Sehat Negeriku Kemkes, penetapan harga vaksin booster harus melibatkan berbagai pihak, salah satunya Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Belum ada biaya resmi yang telah ditetapkan oleh pemerintah," kata Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmidzi, di Jakarta, Selasa (4/1/2022).

Pemberian Vaksin Booster di Indonesia: Kemenkes Tunggu Izin BPOM

Selain harga vaksin booster yang belum ditetapkan, pihak Kemenkes juga masih menunggu konfirmasi dari pihak terkait untuk pemberian vaksin tersebut. Kemenkes menunggu rekomendasi dari ITAGI dan studi riset booster yang sedang berjalan serta persetujuan izin edar atau Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM.

Syarat Penerima Vaksin Booster di Indonesia

Penerima vaksinasi booster di Indonesia merupakan orang dewasa. Sebelum mendaftar untuk melakukan vaksinasi booster, penerima wajib mengetahui hal-hal berikut.

  1. Penerima vaksinasi booster berusia di atas 18 tahun
  2. Wajib vaksinasi dosis lengkap, dengan jangka waktu lebih dari 6 bulan
  3. Berada di kabupaten/kota yang sudah memenuhi kriteria vaksinasi, yaitu:
    a. 70 persen vaksinasi pertama
    b. 60 persen vaksinasi kedua

Harga vaksin booster memang belum ditetapkan pemerintah. Berikut sederet informasi lainnya soal vaksinasi booster di halaman selanjutnya.