Pasal-pasal yang Dikaji Polisi Terkait Laporan Ferdinand Hutahaean

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 12:12 WIB
Ferdinand Hutahaean
Ferdinand Hutahaean (Denita Br Matondang/detikcom)
Jakarta -

Ferdinand Hutahaean dilaporkan ke Bareskrim Polri karena cuitan 'Allahmu ternyata lemah' di Twitter. Polri sedang mengkaji pasal-pasal yang jadi dasar pelaporan terhadap Ferdinand Hutahaean terkait cuitan 'Allahmu ternyata lemah'.

"Pasal 45 a Ayat (2) juncto Pasal 28 Ayat (2) UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE, dan juga Pasal 14 Ayat (1) dan Ayat (2) KUHP," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Rabu (5/1/2022).

Adapun pasal-pasal tersebut berkaitan dengan penyebaran informasi bermuatan permusuhan berdasarkan SARA, menyebarkan pemberitaan bohong di kalangan masyarakat. Ramadhan menyebut cuitan Ferdinand berpotensi menimbulkan keonaran.

"Ini kan dugaan tindak pidana yang dapat menerbitkan keonaran. Tentu ini dilakukan secara adil, transparan, dan berkeadilan," jelasnya.

Bunyi Pasal 28 ayat (2) UU ITE: Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Bunyi Pasal 45a ayat (2) UU ITE: Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Sementara itu, Ramadhan memastikan Bareskrim akan memanggil Ferdinand Hutahaean. Saat ini, polisi tengah mengumpulkan bukti-bukti.

"Tentu penyidik akan mengumpulkan bukti-bukti sampai cukup, pasti nantinya akan dipanggil. Kita tunggu saja," imbuh Ramadhan.

Awal Mula Kasus

Kasus ini berawal dari cuitan Ferdinand Hutahaean di akun Twitternya, @FerdinandHaean3. Dia sempat mencuit soal 'Allahmu ternyata lemah'. Cuitan itu dibuat Selasa (4/1) kemarin. Namun cuitan itu kini sudah dihapus.

"Kasihan sekali Allahmu ternyata lemah, harus dibela. Kalau aku sih Allahku luar biasa, maha segalanya, Dialah pembelaku selalu dan Allahku tak perlu dibela," bunyi cuitan Ferdinand.

Simak video 'Cuitan 'Allahmu Lemah' Ferdinand Hutahaean Berbuntut Panjang':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: