ADVERTISEMENT

Pangkal Masalah Jakarta Balik Lagi ke PPKM Level 2

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 06:31 WIB
Kendaraan melintas di tempat penyekatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (19/7/2021). Pemerintah masih mempertimbangkan rencana perpanjangan masa PPKM darurat Jawa-Bali yang akan berakhir pada Selasa (20/7/2021). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.
Foto: Ilustrasi penerapan PPKM di Jakarta (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Penerapan PPKM level 2 berlaku untuk seluruh atau 6 kota/kabupaten administrasi di Jakarta. Merujuk Inmendagri Nomor 1 Tahun 2022, berikut aturan terbaru selama PPKM level 2 di Jakarta hingga 17 Januari:

1. Kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan melalui pembelajaran tatap muka terbatas dan/atau pembelajaran jarak jauh sesuai aturan yang berlaku.
2. Kegiatan sektor non esensial diizinkan WFO maksimal 50% bagi pegawai yang telah divaksin dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.
3. Supermarket, hypermarket, pasar tradisional, toko kelontong dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi jam operasional sampai dengan Pukul 21.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung 75%.
4. Pasar rakyat yang menjual barang non kebutuhan sehari-hari dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 75% dan jam operasional sampai dengan Pukul 18.00 waktu setempat.
5. Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen/outlet voucher, barbershop/pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan lain-lain yang sejenis diizinkan buka sampai dengan Pukul 21.00 waktu setempat.
6. Tempat ibadah buka dengan kapasitas maksimal 75%.
7. Fasilitas umum (area publik, taman, tempat wisata dan area publik lain), diizinkan buka dengan kapasitas 25%, anak di bawah 12 tahun boleh masuk dengan didampingi orang tua dan penerapan ganjil-genap mulai Jumat pukul 12.00 sampai Minggu pukul 18.00.
8. Kegiatan seni budaya, olahraga dan sosial kemasyarakatan maksimal 50%.
9. Pusat kebugaran/gym diizinkan buka dengan maksimal 50%.
10. Resepsi pernikahan diperbolehkan maksimal 50%.

Selain di atas, sejumlah aturan makan/minum hingga resepsi juga disesuaikan. Baca di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT