ADVERTISEMENT

PPKM Luar Jawa Bali Diperpanjang hingga 17 Januari, Begini Rinciannya

Tim detikcom - detikNews
Senin, 03 Jan 2022 13:13 WIB
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto (YouTube Sekretariat Presiden)
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto (YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Pemerintah memutuskan penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di luar Jawa dan Bali diperpanjang selama 2 pekan ke depan. Jumlah daerah yang menerapkan PPKM level 1 semakin banyak.

"Khusus di luar Jawa Bali akan ada perpanjangan periode pelaksanaan, walaupun situasinya terkendali, akan diperpanjang 14 hari, yaitu 4-17 Januari," kata Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, Senin (3/1/2022).

Hal itu disampaikan Airlangga dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden. Airlangga diketahui juga diberi tanggung jawab sebagai Koordinator PPKM Luar Jawa dan Bali.

Level 1 Jadi 227 Daerah, Level 4 Nihil

Airlangga merinci saat ini jumlah kabupaten/kota yang menerapkan PPKM level 1 meningkat dari 191 menjadi 227 kabupaten/kota.

"Level 2 menurun dari 169 ke 148 kabupaten/kota. Level 3 turun dari 26 menjadi 11 kabupaten/kota," ucapnya.

Dia mengatakan, di luar Jawa Bali, tak ada (nihil) daerah yang menerapkan PPKM level 4.

"Dari segi penanganan COVID, semua level 1 namun responsnya masih ada yang terkait vaksinasi yang di bawah 70%, dan juga tingkat tergantung dengan responsnya," ucap dia.

Dia mengatakan pemerintah sedang mempersiapkan booster ketiga yang diharapkan akan segera dimulai 12 Januari nanti. Dia mengatakan akan ada revisi baik Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) maupun peraturan pemerintah (PP) terkait kebijakan booster vaksin tersebut.

(jbr/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT