ADVERTISEMENT

Pangkal Masalah Jakarta Balik Lagi ke PPKM Level 2

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 06:31 WIB
Kendaraan melintas di tempat penyekatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (19/7/2021). Pemerintah masih mempertimbangkan rencana perpanjangan masa PPKM darurat Jawa-Bali yang akan berakhir pada Selasa (20/7/2021). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.
Foto: Ilustrasi penerapan PPKM di Jakarta (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Jakarta -

DKI Jakarta balik lagi menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2. Apa penyebabnya, apakah karena penyebaran COVID-19 varian Omicron di Jakarta? Ini pangkal masalahnya.

Penerapan kembali PPKM level 2 di Jakarta diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 1 Tahun 2022 tentang PPKM Level 3, 2 dan 1 di Jawa-Bali. Inmendagri Nomor 1 Tahun 2022 itu ditandatangani Mendagri Tito Karnavian pada Senin (3/1/2022).

"Instruksi Menteri ini mulai berlaku pada tanggal 4 Januari 2022 sampai dengan tanggal 17 Januari 2022," demikian salah satu poin dalam Inmendagri tersebut.

Apa sih penyebab Jakarta harus kembali menerapkan PPKM level 2? Jodi Mahardi, Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan pangkal masalahnya.

Penyebabnya bukan karena penyebaran varian Omicron. Tapi karena adanya penurunan salah satu dari pedoman 3T, testing, tracing, treatment.

"Bukan karena Omicron, tapi karena menurunnya tracing di Jabodetabek," kata Jodi saat dimintai konfirmasi, Selasa (4/12/2021).

Sehari sebelum Inmendagri Nomor 1 Tahun 2022 diteken, Minggu (2/1), jumlah kasus Omicron di Indonesia berada di angka 137. Di mana, sebagian besar kasus Omicron berada di Jakarta, yakni 87 kasus.

Data per Selasa (4/1), kasus positif Omicron di Jakarta melonjak menjadi 252 orang. Rinciannya, sebanyak 239 kasus impor (pelaku perjalanan dari luar negeri) dan 13 transmisi lokal (tertular di Jakarta).

"Jadi sekali lagi kami ingatkan hati-hati, semua warga hati-hati yang bepergian, terutama yang keluar negeri. Jadi yang masih di luar negeri mohon menjadi perhatian," kata Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria, di Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, kemarin.

"Jangan sampai di sana lepas masker, tidak melaksanakan prokes di luar negeri tahu-tahu nanti di sana kena omicron kemudian masuk Jakarta membawa Omicron," imbuhnya.

Penerapan PPKM level 2 di Jakarta membuat sejumlah aturan berubah. Simak aturan terbaru di halaman berikutnya.

Simak Video: PPKM Jakarta Kembali Naik Level 2 dan Sederet Aturan Lengkapnya

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT