detik's Advocate

Saya Hanya Punya Ahli Waris Anak Angkat, Bagaimana Pembagian Warisnya?

Tim detikcom - detikNews
Senin, 03 Jan 2022 08:43 WIB
ilustrasi menabung
Ilustrasi (Foto: iStock)

Pertanyaan Kedua

Jika Pak PS meninggal dunia perlu dipastikan terlebih dahulu keberadaan ahli waris seperti ayah, ibu, dan saudara laki-laki atau perempuan (kandung/seayah/seibu).

Jika Pak PS tidak meninggalkan seorang pun ahli waris, maka sesuai dengan ketentuan Pasal 191 Kompilasi Hukum Islam, bila pewaris tidak meninggalkan ahli waris sama sekali atau ahli warisnya tidak diketahui ada atau tidaknya, maka harta peninggalan pewaris atas dasar putusan Pengadilan Agama diserahkan penguasaannya kepada Baitul Mal untuk kepentingan agama Islam dan kesejahteraan umum. Untuk saat ini bisa diserahkan kepada Badan Amil Zakat (BAZ).

Oleh karena Pak PS memiliki satu orang anak angkat, maka sebelum harta peninggalan diserahkan kepada BAZ, 1/3 dari harta peninggalan tersebut dapat diserahkan sebagai wasiat wajibah kepada anak angkat.

Pertanyaan Ketiga

Hibah kepada anak angkat. Berdasarkan ketentuan Pasal 210 Kompilasi Hukum Islam, orang yang telah berumur sekurang-kurangnya 21 tahun, berakal sehat, tanpa adanya paksaan dapat menghibahkan sebanyak-banyaknya 1/3 harta bendanya kepada orang lain atau lembaga di hadapan dua orang saksi untuk dimiliki.

Ketentuan maksimal 1/3 harta adalah guna mengantisipasi ahli waris kehilangan haknya untuk mewarisi peninggalan pewaris. Jika Pak PS dipastikan tidak ada meninggalkan ahli waris sama sekali, maka menurut pandangan saya, Pak PS dapat menghibahkan atau juga mewasiatkan rumah tersebut secara keseluruhan untuk anak angkat Pak PS.

Demikian jawaban saya, semoga memberikan manfaat.

Terima kasih

Wasalam
Tim Pengasuh detik's Advocate

Tentang detik's Advocate

detik's Advocate adalah rubrik di detikcom berupa tanya-jawab dan konsultasi hukum dari pembaca detikcom. Semua pertanyaan akan dijawab dan dikupas tuntas oleh para pakar di bidangnya.

Pembaca boleh bertanya semua hal tentang hukum, baik masalah pidana, perdata, keluarga, hubungan dengan kekasih, UU Informasi dan Teknologi Elektronik (ITE), hukum merekam hubungan badan (UU Pornografi), hukum waris, perlindungan konsumen dan lain-lain.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.

Pertanyaan dan masalah hukum/pertanyaan seputar hukum di atas, bisa dikirim ke kami ya di email: redaksi@detik.com dan di-cc ke-email: andi.saputra@detik.com.

Semua jawaban di rubrik ini bersifat informatif belaka dan bukan bagian dari legal opinion yang bisa dijadikan alat bukti di pengadilan serta tidak bisa digugat.


(asp/mae)