10 Nama Vaksin Covid-19 Indonesia, Telah Dapat EUA BPOM

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 30 Des 2021 12:27 WIB
Scientists are done research on vaccine in laboratory with test tubes on Covid19 Coronavirus type for discover vaccine.
10 Nama Vaksin Covid-19 Indonesia, Telah Dapat EUA BPOM - ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/chayakorn lotongkum)
Jakarta -

Nama vaksin Covid-19 Indonesia jadi informasi penting yang perlu diketahui masyarakat. Ada 10 vaksin telah mendapatkan Izin Penggunaan Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Pengadaan vaksin di Indonesia didapatkan melalui berbagai upaya, seperti perjanjian bilateral, multilateral (seperti COVAX Facility brsama GAVI dan WHO) atau donasi dari negara-negara sahabat. Setiap vaksin dipastikan telah aman dan efektif untuk digunakan di Indonesia setelah mendapatkan EUA dari BPOM.

Lalu apa saja nama vaksin Covid-19 Indonesia yang telah mendapatkan EUA BPOM? detikcom merangkum ulasannya berikut ini.

Nama vaksin Covid-19 Indonesia: Sinovac/CoronaVac

Melansir dari laman resmi Covid19.go.id, vaksin Sinovac atau CoronaVac adalah vaksin inaktivasi (dari virus yang dimatikan) yang bekerja dengan cara menstimulasi sistem kekebalan tubuh tanpa risiko menyebabkan penyakit.

Usai vaksin inaktivasi bersentuhan dengan sistem kekebalan tubuh, terjadi stimulasi produksi antibodi sehingga tubuh siap memberikan respons terhadap infeksi dengan SARS-CoV-2 hidup. Dengan kandungan ajuvan (aluminium hidroksida), vaksin dapat memperkuat respons sistem kekebalan.

Adapun pemberian vaksin Sinovac dilakukan dengan 2 dosis, masing-masing 0,5 ml. Jeda pemberian vaksin adalah 28 hari.

Nama vaksin Covid-19 Indonesia: AstraZeneca

Vaksin kedua yang telah mendapatkan EUA BPOM adalah vaksin AstraZeneca. Vaksin ChAdOx1-S/nCoV-19 ini menggunakan platform vektor adenovirus non-replikasi untuk COVID-19.

Vaksin ini mengekspresikan gen protein paku SARS-CoV-2, yang menginstruksikan sel inang untuk memproduksi protein S-antigen yang unik untuk SARS-CoV-2, sehingga tubuh dapat menghasilkan respons imun dan menyimpan informasi itu di sel imun memori.

Menurut uji klinis di Inggris, Brazil dan Afrika Selatan, efikasi tanpa memandang interval dosis adalah 61%, dengan median masa pengamatan 80 hari, tetapi cenderung lebih tinggi jika interval ini lebih panjang.Sementara uji klinis di Amerika Serikat, efikasi vaksin mencapai 76% terhadap infeksi SARS-CoV-2 simtomatik.

Adapun pemberian vaksin AstraZeneca dilakukan dengan 2 dosis, masing-masing 0,5 ml. Jeda pemberian vaksin adalah 12 minggu.

Nama vaksin Covid-19 Indonesia: Moderna

Vaksin Moderna menggunakan platform vaksin RNA duta (messenger RNA/mRNA) untuk COVID-19. Instruksi diberikan oleh mRNA kepada sel inang agar memproduksi protein S-antigen unik SARS-CoV-2, yang menghasilkan respons kekebalan dan menyimpannya di dalam sel imun memori.

Adapun pemberian vaksin Moderna dilakukan dengan 2 dosis, masing-masing 0,5 ml. Jeda pemberian vaksin adalah 28 hari.

Nama vaksin Covid-19 Indonesia: Sinopharm

Vaksin Sinopharm memiliki platform vaksin inaktivasi terhadap COVID-19 yang bertujuan menstimulasi sistem kekebalan tubuh tanpa risiko menyebabkan penyakit. Setelah vaksin inaktivasi ini bersentuhan dengan sistem kekebalan tubuh, produksi antibodi terstimulasi, sehingga tubuh siap memberikan respons terhadap infeksi dengan SARS-CoV-2 hidup. Dengan kandungan ajuvan (aluminium hidroksida), vaksin dapat memperkuat respons sistem kekebalan.

Adapun pemberian vaksin Sinopharm dilakukan dengan 2 dosis, masing-masing 0,5 ml. Jeda pemberian vaksin adalah 21 hari.

Nama vaksin Covid-19 Indonesia: Pfizer

Vaksin Pfizer memiliki platform berbasis RNA duta (messenger RNA/mRNA) untuk COVID-19. mRNA menginstruksikan sel untuk memproduksi protein S-antigen (bagian dari protein paku (spike)) yang unik untuk SARS-CoV-2 untuk menstimulasi respons kekebalan.

Adapun pemberian vaksin Pfizer dilakukan dengan 2 dosis, masing-masing 0,3 ml. Jeda pemberian vaksin adalah 21-28 hari.

Nama vaksin Covid-19 Indonesia lainnya dapat disimak di halaman selanjutnya.