Fakta Delmicron Bukan Varian Baru Corona

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 26 Des 2021 20:34 WIB
Ilustrasi covid-19
Foto: Ilustrasi Corona (BBC Magazine)
Jakarta -

Kabar soal varian Corona Delmicron yang disebut gabungan dari varian Delta dan Omicron menghebohkan publik. Ternyata, Delmicron ini bukan varian baru.

Dilansir dari Business Today, Minggu (26/12/2021), beberapa laporan berbicara tentang 'Delmicron' telah muncul sejak beberapa hari lalu. Laporan-laporan ini mengklaim bahwa Delmicron adalah kombinasi dari varian Delta dan Omicron.

Hingga saat ini, belum ada informasi resmi soal keberadaan Delmicron ini. Badan kesehatan global seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC) belum memberi komentar soal varian Delmicron ini. Khususnya gugus tugas COVID-19 nasional India dan Dewan Penelitian Medis India (ICMR) juga belum menyebutkan apa pun tentang varian ini.

WHO memberi nama varian virus corona dengan huruf Yunani dalam urutan abjad. Misalnya, jika ada varian Corona baru, itu akan memakai alfabet yang mengikuti 'Omicron', yaitu pi, rho, sigma, dan lain-lain. Nama-nama ini diputuskan setelah pertimbangan luas dan tinjauan sistem penamaan potensial.

WHO kemudian akan memberikan label untuk varian ini--Variants of Interest (VoI) dan Variants of Concern (VoC). Sementara WHO memberikan nama dan label ini, ia juga menyimpan nama ilmiah seperti varian Omicron yang secara ilmiah disebut B.1.1.529.

Simak selengkapnya di halaman berikut