Klitih Itu Apa? Ramai Trending di Twitter dan Pergeseran Makna Sebenarnya

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Rabu, 29 Des 2021 15:41 WIB
Klitih Itu Apa? Pergeseran Makna di Balik SriSultanYogyaDaruratKlitih
Klitih Itu Apa? Pergeseran Makna di Balik SriSultanYogyaDaruratKlitih - ilustrasi (Foto: detikcom)
Jakarta -

Klitih itu apa jadi istilah yang kembali viral di media sosial Twitter. Tagar #SriSultanYogyaDaruratKlitih dan #YogyaTidakAman pun mewarnai kolom Tweet warganet.

Ditelusuri ternyata Klitih jadi sorotan lantaran seorang netizen menceritakan kisahnya saat menjadi korban klitih di Underpas Kentungan, Depok, Sleman, Yogyakarta. Padahal korban mengaku melintas sekitar pukul 19.00 malam yang notabene-nya belum terlalu larut.

Akibat viralnya cerita tersebut, istilah Klitih menjadi dipertanyakan. Apa itu? bagaimana hubungannya dengan tindak kriminal di wilayah Yogyakarta? detikcom menyajikan informasi selengkapnya berikut ini.

Klitih Itu Apa? Ini Makna Sebenarnya

Mengutip dari laman resmi Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan judul artikel Penanganan Klitih Bukan Hanya Tanggung Jawab Kepolisian, Sosiolog Kriminalitas UGM Suprapto menjelaskan soal makna Klitih.

Secara pengertian, klitih bermakna kegiatan mengisi waktu luang. Sebenarnya kata ini bermakna positif, yaitu dengan melakukan berbagai kegiatan yang mengarah pada hal-hal positif.

Namun makna tersebut mengalami pergeseran. Para remaja mengadopsi istilah Klitih menjadi sebagai kegiatan mencari musuh.

"Itu artinya positif. Tetapi ketika klitih itu kemudian diadopsi oleh anak remaja, mereka menggeser makna itu, pertamanya keliling-keliling kota naik sepeda motor. Tetapi tidak sekadar keliling-keliling kota, lebih dimaknai sebagai kegiatan mencari musuh," jelas Suprapto.

Klitih Itu Apa? Kini Bermotif Beragam

Lebih lanjut, Suprapto menilai ada beragam motif di balik asli Klitih yang kini sudah bergeser makna.

Sebelumnya, klitih dikaitkan dengan upaya untuk melakukan balas dendam. Namun seiring berjalannya waktu, belakangan klitih jadi salah satu cara para remaja untuk mencari musuh dan menunjukkan eksistensi atau untuk melampiaskan kekecewaan dalam kehidupan mereka.

Suprapto mengindikasikan ada pihak-pihak tertentu yang sengaja memanfaatkan aksi klitih hingga akhirnya mendiskreditkan Yogyakarta.

Klitih Itu Apa? Tagar #SriSultanYogyaDaruratKlitih dan #YogyaTidakAman

Istilah klitih kembali disorot lantaran viral tagar #SriSultanYogyaDaruratKlitih dan #YogyaTidakAman di Twitter. Hal ini bermula dari cerita seorang korban klitih sata melintas di Underpas Kentungan. Depok, Sleman pada pukul 19.00 WIB.

Awalnya motor korban dipepet oleh dua orang. Tanpa sadar, tangan kiri korban tiba-tiba terasa perih dan sekembalinya di rumah, dia mendapati tangannya terkena sayatan.

Korban mengaku tidak bisa mengenali pelat nomor kendaraan pelaku maupun ciri-ciri pelaku karena kondisi Underpass Kentungan yang gelap.

Simak video 'Ramai #YogyaTidakAman, Pemda DIY Bentuk Tim Khusus Atasi Klithih':

[Gambas:Video 20detik]



Klitih itu apa kini sudah diketahui. Berikut data tren kasus kejahatan jalanan atau klitih di DIY. Cek halaman selanjutnya.