Kasus dr Richard Lee Berujung Penahanan, Ini 4 Pernyataan Istri-Pengacara

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 29 Des 2021 11:42 WIB
Kasus dr Richard Lee tengah mendapat perhatian masyarakat. Dr Richard Lee ditetapkan sebagai tersangka atas kasus akses ilegal dan menghilangkan barang bukti.
Kasus dr Richard Lee Berujung Ditahan, Ini 4 Pernyataan Istri-Pengacara (Foto: Yogi/detikcom)
Jakarta -

Kasus dr Richard Lee tengah mendapat perhatian masyarakat. Dr Richard Lee ditetapkan sebagai tersangka atas kasus akses ilegal dan menghilangkan barang bukti.

Dr Richard Lee sempat mengakses akun Instagram pribadinya yang telah disita polisi. Atas perbuatannya, dia dijerat Pasal 30 juncto Pasal 46 UU ITE tentang illegal access dan/atau Pasal 231 KUHP dan/atau Pasal 221 KUHP tentang menghilangkan barang bukti.

Saat ini, Richard Lee sedang ditahan pihak kepolisian karena berkas perkara kasusnya sudah lengkap dan akan dilimpahkan ke kejaksaan. Sang istri hingga pengacara angkat bicara soal kasus tersebut. Berikut pernyataan istri-pengacara dr Richard Lee yang telah kami rangkum.


Kasus Dr Richard Lee: Istri Richard Lee Serahkan Proses Hukum kepada Tim

Istri dr Richard Lee, dr Reni Effendi, tidak banyak berkomentar. Saat ditemui di Polda Metro Jaya, Selasa (28/12), Dokter Reni tak memberi banyak komentar kepada wartawan. Dengan suara bergetar, dia mengaku akan menyerahkan proses hukum kepada tim kuasa hukumnya.

"Saya serahkan ke kuasa hukum," singkat Reni di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (28/12).

Diketahui, Reni sempat memposting curhatan emosional soal penanganan Richard Lee di akun media sosialnya. Terkait postingan tersebut, Reni mengaku hal itu merupakan bentuk ungkapan perasaannya saja.

"Ya itu untuk mengungkapkan perasaan saya saja," katanya.

Reni menambahkan dirinya tidak ingin viral. Dia juga menyebut suaminya tidak bersalah.

"Jujur saya nggak mau viral untuk kedua kalinya. Tapi saya harus tolong suami saya. Tolong Bapak Kapolri, tolong Bapak Jokowi, tegakkan hukum untuk suami saya, suami saya nggak bersalah," kata Reni di Insta Story-nya.

"Suami saya disangkakan ke Pasal 30 ayat (1) yang katanya dihukum 8 tahun penjara, yang jelas-jelas saya nggak tahu suami saya salah di mana. Yang jelas-jelas suami saya upload di akun suami saya," lanjutnya


Kasus Dr Richard Lee: Pengacara Sampaikan Kliennya Tak Sengaja

Pengacara Richard Lee, Razman Nasution, memberikan beberapa pembelaan terkait kasus kliennya. Razman mengatakan kliennya tidak punya unsur kesengajaan melakukan akses ilegal terhadap barang bukti yang sudah disita polisi.

"Dalam konstruksi hukum yang digambarkan dr Richard dan Hans Pranata ini terlihat bahwa, satu, tidak adanya unsur kesengajaan dari dr Richard untuk membobol, menduplikasi, atau meng-hack Instagram yang telah disita oleh Cyber Polda Metro," ujar Razman kepada wartawan di Polda metro Jaya, Jakarta, Selasa (28/12).


Kasus Dr Richard Lee: Alasan Kliennya Akses Instagram

Razman menjelaskan kliennya hanya diperintah oleh Hans Pranata. Hans Pranata merupakan seorang content creator.

"Kalaupun itu dianggap sebagai sebuah kesalahan, maka dalam BAP, baik sebagai saksi, tersangka, dan tambahan kemarin sore, dengan terang dr Richard itu hanya melaksanakan perintah dari Hans Pranata. Dia adalah kreator di Athena yang dipimpin dr Richard Lee ini," jelas Razman.

Razman menilai Hans Pranata lebih memahami soal media sosial dari bisnis kecantikan milik Richard Lee.

"Jadi yang mengerti, yang pahami bisnis Twitter, bisnis Facebook dan IG, itu yang mengerti itu adalah Hans Pranata, bukan dr Richard," katanya.

Razman mengatakan Richard Lee tidak akan melakukan pengaksesan secara ilegal terhadap akun pribadinya yang telah disita polisi.

"Dan kalau dr Richard Lee ketahui itu, dia pasti tidak akan lakukan. Dia sudah bertelepon kepada Hans awal Agustus 2021 kemarin, bahwa katanya dia coba posting tapi ter-upload sendiri Facebook ke Instagram," jelasnya.

Menurut Razman, kliennya tidak memahami jika hal yang telah dilakukan adalah sebuah pidana.

"Dalam konteks pemikiran dr Richard dan juga Hans yang mereka tidak mengerti hukum, bahwa yang sudah disita idealnya tidak mungkin bisa dibobol. Tapi dalam persoalan ini kita tidak mau berdebat soal ini," tambahnya.

Kasus dr Richard Lee juga dapat disimak di halaman berikutnya.

Simak Video 'Richard Lee yang Ditahan Karena Kasus Akses Ilegal':

[Gambas:Video 20detik]