ADVERTISEMENT

Street Race Digelar demi 'Jinakkan' Balap Liar

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 23 Des 2021 08:06 WIB
Gedung Polda Metro Jaya
Gedung Polda Metro (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menggelar kompetisi street race bagi pembalap jalanan di Jakarta. Street race diharapkan menghilangkan balap liar yang selama ini meresahkan masyarakat.

Persoalan balap liar yang mengganggu ketertiban lalu lintas seolah menjadi permasalahan yang tidak kunjung usai. Hal ini membuat Polda Metro mencetuskan ide street race bagi pembalap jalanan.

"Jadi bukan hari ini. Saya bertanya ke hati saya, ini tidak selesai-selesai. (Saya bilang) 'Pak Kapolres, ini balapan tak kunjung selesai dari saya pangkat letnan dua, gimana caranya kita transformasi agar ini lebih baik?" ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran saat membuka diskusi bertajuk 'Diskusi Santai Street Race Polda Metro Jaya: Mengejar Prestasi Bukan Sensasi' di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (22/12).


Stigma Negatif Balap Liar

Fadil lalu menyinggung soal stigma negatif terkait fenomena balap liar. Salah satu yang disorotnya perihal taruhan dalam ajang balap liar tersebut.

"Balap liar distigmakan berbahaya, selalu pelanggaran, dan kerumunan, terlibat kecelakaan, bahkan berujung pada perkelahian dan pertarungan. Lalu ada juga main pinggiran itu, itu bahaya. Apalagi bandarnya bandar burung, kalau menang kabur. Jadi ini jadi ajang judi," terang Fadil.

Atas dasar itu, Fadil mengatakan wacana fasilitas street race di Jakarta sebagai upaya menyalurkan ruang ekspresi anak muda di Jakarta. Dia berharap, dengan konsep street race tersebut, fenomena balap liar bisa berubah menjadi hal yang bermanfaat.

"Kalau kita bangun ekosistem, transformasi dari pembalap jalanan yang sering dikonotasikan tadi yang saya sampaikan, bisa kita perbaiki. Akan ada program di sana gimana jadi pembalap benar. Saya kira Honda Racing Team, Yamaha Racing Team bisa intip mana yang berbakat. Nanti bisa disekolahkan itu," ungkap Fadil.


Simak selengkapnya di halaman selanjutnya

Saksikan Video 'Sah! Ancol Jadi Sirkuit Balap Motor Jalanan':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT