Semeru Siaga, Ini 4 Imbauan untuk Masyarakat Sekitar

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 17 Des 2021 13:37 WIB
Semeru siaga telah dikonfirmasi oleh Badan Geologi sejak Kamis (16/12/2021) malam. Saat ini, bagaimana imbauan kepada masyarakat?
Semeru Siaga, Ini 4 Imbauan untuk Masyarakat Sekitar (Foto: M Rofiq/detikcom)
Jakarta -

Semeru siaga telah dikonfirmasi oleh Badan Geologi sejak Kamis (16/12/2021) malam. Status Semeru yang semula waspada menjadi siaga karena tingginya aktivitas vulkanik.

Gunung Semeru naik statusnya dari Waspada (Level II) ke Siaga (Level III). Berikut imbauan dari Badan Geologi terkait status baru Gunung Semeru.

Semeru Siaga: Imbauan Langsung dari Badan Geologi

Melansir situs resmi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Semeru siaga sudah ditetapkan oleh Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mulai tanggal 16 Desember 2021 pukul 23.00. Berikut poin-poin imbauan terkait Semeru siaga dari Badan Geologi

  • Mematuhi rekomendasi yang dikeluarkan oleh Badan Geologi melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.
  • Tidak beraktivitas di sektor tenggara sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi). Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terkena perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.
  • Tidak beraktivitas dalam radius 5 Km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan bahaya lontaran batu (pijar).
  • Waspada terhadap potensi awan panas guguran (APG), guguran lava dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di daerah berikut.
    a.Puncak Gunung Api Semeru
    b.Sepanjang Besuk Kobokan
    c.Besuk Bang
    d.Besuk Kembar
    e.Besuk Sat
    f.Sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

Semeru Siaga: Status Baru Gunung Semeru

Semeru siaga mengharuskan masyarakat untuk selalu waspada dengan aktivitas Gunung Semeru. Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono membenarkan perubahan status Gunung Semeru dari waspada menjadi siaga.

"Mengingat kegiatan Gunung Api Semeru masih tinggi dan telah terjadi peningkatan jarak luncur awan panas guguran serta aliran lava maka Badan Geologi menyatakan Tingkat Aktivitas Gunung Api Semeru dinaikan dari level WASPADA (Level II) menjadi SIAGA (Level III) terhitung mulai tanggal 16 Desember 2021 pukul 23:00 WIB," ucap Eko, Kamis malam kemarin.

Semeru Siaga: Jangan Terpancing Berita Tidak Benar

Masyarakat dihimbau untuk tidak terpengaruh oleh berita-berita yang belum pasti kebenarannya terkait aktivitas Gunung Api Semeru. Masyarakat diminta untuk mengikuti arahan dari instansi yang berwenang yakni:

  1. Badan Geologi
  2. BNPB
  3. Pemda
  4. Instansi terkait lainnya

Informasi tentang aktivitas Gunung Api Semeru terkini dapat diperoleh melalui aplikasi atau website Magma Indonesia (www.vsi.esdm.go.id atau magma.esdm.go.id), serta media sosial PVMBG (Facebook, Twitter dan Instagram).

Simak pula kronologi Semeru siaga di halaman berikutnya.