ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic : Warga Bona Indah Minta Sumur Resapan Diperbaiki Menyeluruh

Marteen Ronaldo - detikNews
Kamis, 16 Des 2021 19:22 WIB
Sumur resapan Perumahan Taman Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, kini telah diaspal dan dilubangi untuk saluran air. Begini kondisinya.
Foto: Rengga Sencaya/detikcom

Pertama, warga mendukung pembangunan sumur resapan dan kolam resapan modular Pemda DKI Jakarta/Dinas SDA berdasarkan paradigma baru yang bertujuan menghadirkan drainase vertikal, menangkap air hujan, serta konservasi air selaras dengan pengelolaan air di kawasan perkotaan yang dilaksanakan penyedia/kontraktor.

Kedua, dalam pelaksanaan pekerjaan hasil/output tidak sesuai harapan karena kesemberonoan dan fungsi pengawasan yang tidak berjalan baik sehingga fungsinya tidak optimal dan kelak outcame akan meleset.

Ketiga, pada sumur resapan buis beton, dari 70 unit hanya 8 unit yang dapat diharapkan berfungsi optimal, sedangkan pada kolam resapan modular fungsi tangkapan air, safety dan operasional tidak optimal.

Keempat, kesemberonoan dalam pelaksanaan dan rendahnya pengawasan menimbulkan beban sosial pada masyarakat hingga muncul sikap skeptis dan antipati, padahal tujuan awalnya bagus dan berakibat pada penggunaan anggaran meleset dari tujuan.

Kelima, kelalaian pada pelaksanaan menimbulkan accident dan kerusakan pada pemukiman Bona Indah yang mengarusutamakan lingkungan Asri-Aman-Lestari.

Keenam, memperhatikan kondisi di atas, kami dengan tegas menyatakan tidak dapat memberikan akseptansi atau penerimaan terhadap hasil pengerjaan penyediaan sumur dan kolam resapan tersebut. Kecuali dilakukan koreksi dan perbaikan secara menyeluruh sehingga fungsinya berjalan maksimal.


(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT