ADVERTISEMENT

Wamenkes Tegaskan Tak Ada Kekhususan Pejabat Boleh Karantina di Rumah

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 14 Des 2021 12:06 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Wamenkes Dante Saksono Harbuwono memimpin rapat koordinasi pimpinan di Kemenkes RI.
Wamenkes Dante Saksono (Dok. Sehat Negeriku)
Jakarta -

Ramai isu anggota DPR Fraksi Gerindra, Mulan Jameela, dan keluarganya disebut tak melakukan karantina sepulang dari Turki. Kabar terbaru menyebutkan Mulan dan keluarga telah mengantongi rekomendasi BNPB untuk karantina mandiri di rumah.

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI Dante Saksono menegaskan selama ini tak ada ketentuan pejabat diperkenankan menjalani karantina di rumah selepas dari luar negeri.

"Tidak ada. Semua masuk ke dalam karantina yang sudah ditentukan karena pengawasan-nya lebih baik, isolasi lebih baik, tidak di rumah, tetapi di tempat-tempat karantina yang sudah ditentukan," kata Dante di Jakarta Pusat, Selasa (14/12/2021).

Dante mengatakan aturan karantina ini berlaku untuk seluruh warga yang datang dari luar negeri selama 10 hari. Hal ini untuk menyikapi perkembangan COVID-19 atas kemunculan varian baru Omicron.

"Bahkan sekarang pun Pak Menkes yang baru pulang dari China itu sudah melakukan karantina selama 10 hari. Ini tanpa pengecualian, kenapa diubah jadi 10 hari, dengan situasi dari adanya varian virus baru maka kita harus berhati-hati," jelasnya.

Bahkan Dante menegaskan akan ada sanksi pidana bagi yang melanggar ketentuan karantina.

"Tentu akan kembalikan lagi ke tempat karantina seharusnya, sanksinya, kalau itu bisa merupakan bentuk sanksi pidana," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman berikut

Saksikan Video 'Wanti-wanti Luhut, Jangan Kabur Karantina-Liburan ke Luar Negeri':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT