Formappi soal Isu Karantina Mulan Jameela: Keistimewaan Bikin DPR Seenaknya

Dwi Andayani - detikNews
Selasa, 14 Des 2021 06:40 WIB
Lucius Carus
Lucius Karus (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Anggota Komisi VII DPR RI, Mulan Jameela, dikabarkan tak karantina usai pulang dari Turki. Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) menilai hal ini menunjukkan perilaku pejabat yang seenaknya.

"Heboh soal Mulan Jameela yang jalan-jalan di tengah masa karantina sepulang dari luar negeri kembali menujukan perilaku pejabat kita yang tak layak dicontoh. Perilaku pejabat yang seenaknya, dan tidak peduli orang lain," peneliti Formappi Lucius Karus, Senin (13/12/2021).

Lucius mengatakan kepatuhan terhadap masa karantina tak lepas dari keistimewaan yang diterima anggota DPR. Keistimewaan karantina mandiri dinilai membuat anggota DPR seenaknya dan merasa diperlakukan istimewa.

"Ketakpatuhan pada tenggat waktu isolasi Mulan tak lepas dari keistimewaan yang diterima anggota DPR, yang beda dari warga lain bisa menjalankan karantina mandiri setiba dari luar negeri. Keistimewaan ini membuat DPR seenaknya karena merasa sudah diperlakukan istimewa. Keistimewaan itu dimanfaatkan oleh anggota DPR untuk sesuka hati," tuturnya.

Kebijakan yang mengistimewakan anggota DPR juga dinilai irasional. Sebab menurut Lucius, tidak jelas cara pemerintah mengawasi pelaksanaan isolasi mandiri anggota DPR tersebut.

"Kekonyolan sesungguhnya datang dari kebijakan irasional yang memberikan diskresi khusus bagi anggota DPR untuk isoman. Kebijakan ini nampak konyol karena tak jelas bagaimana mengawasi pelaksanaan isoman tersebut. Tak heran ketika Mulan merasa tak sungkan untuk jalan-jalan ke mal padahal masa karantina mestinya belum berakhir," tuturnya.

"Akan tetapi kebijakan BNPB yang mengkhususkan anggota DPR tak mungkin hanya salah BNPB saja. Kebijakan ini hanya mungkin terjadi karena DPR yang memintanya. Memanfaatkan peran pengawasan sekaligus ketakutan akan Pengawasan DPR, BNPB akhirnya membuat diskresi khusus itu. Jadi tetap saja sumber masalah saya kira adalah DPR," sambungnya.

Lucius menilai sejak awal beberapa anggota DPR tak mau memahami kesulitan dan keprihatinan terhadap kondisi pandemi. Sebab, beberapa kali anggota DPR meminta adanya fasilitas khusus selama pandemi.

"Sejak awal mereka memang tak ingin terlihat mau memahami kesulitan dan keprihatinan karena situasi pandemi. Mereka bahkan beberapa kali meminta fasilitas khusus seperti fasilitas isolasi mandiri di hotel. Ada semacam arogansi kelembagaan yang membuat DPR tak mau diperlakukan setara dengan warga kebanyakan," ujarnya.

Simak Video 'Polisi Sebut Ahmad Dhani-Mulan Jameela Tak Langgar Aturan Karantina':

[Gambas:Video 20detik]