Polda Metro: Mulan Jameela-Ahmad Dhani Ada Kekhususan Bisa Karantina di Rumah

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 13 Des 2021 18:34 WIB
Isu Ahmad Dhani Tidak Karantina Dibantah Pengacara, Ini Katanya
Ahmad Dhani (Palevi S/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya angkat bicara soal dugaan adanya pelanggaran pidana dari tindakan karantina yang dilakukan Ahmad Dhani, Mulan Jameela, dan keluarganya sepulang dari Turki. Polisi menilai hingga saat ini proses karantina yang dilakukan oleh Ahmad Dhani dan keluarga sesuai prosedur.

"Terkait adanya surat edaran dari Satgas COVID bahwa di dalam edaran itu ada kekhususan terhadap pejabat negara memang ada kekhususan bisa dilakukan di Wisma Atlet ataupun di rumah," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (13/12/2021).

Menurut Zulpan, mengacu status kepada istri dari Ahmad Dhani yang merupakan anggota DPR, maka ketentuan keluarga musisi itu untuk melakukan karantina di rumah seusai kembali dari luar negeri dibenarkan secara aturan.

"Karantina di rumah hanya diberikan kepada pejabat negara. Karena Ahmad Dhani, istrinya adalah anggota DPR RI ini termasuk kategori yang dapat kekhususan karantina di rumah sehingga dengan itu dilaksanakan karantina di rumah," terang Zulpan.

Atas dasar itu, Zulpan menilai hingga saat ini belum ada pelanggaran prosedur dalam proses karantina Ahmad Dhani dan keluarganya.

"Ya memang ketentuannya begitu ya dari Satgas COVID nomor 39 itu dibenarkan pejabat negara ini ada kekhususan. Ini menjadi tanggung jawab Satgas COVID," tutur Zulpan.

Sebelumnya, Satgas Udara COVID-19 Bandara Soekarno-Hatta angkat bicara terkait kabar Ahmad Dhani dan istrinya Mulan Jameela beserta anak-anaknya tak karantina sepulang dari Turki. Satgas menyebut bahwa Mulan Jameela sebagai anggota DPR RI mendapat rekomendasi dari BNPB untuk bisa karantina di rumah.

"Kalau itu di surat karantina dari BNPB nomornya lupa saya yang saya approve tanggal 5 (Desember) itu disebutkan bahwa ibu Raden Wulan Sari atau ibu Mulan Jameela itu sebagai anggota DPR RI memang dapat karantina mandiri di rumah di Pondok Indah, Jakarta Selatan," kata Komandan Satgas Udara COVID-19 Bandara Soekarno-Hatta, Kolonel Agus Listiyono, kepada wartawan, hari ini.

"Yang saya baca rekomendasi dari BNPB di situ memang disebutkan ibu Mulan Jameela dan keluarganya," tambahnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Simak Video: Polisi Sebut Ahmad Dhani-Mulan Jameela Tak Langgar Aturan Karantina

[Gambas:Video 20detik]